Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Piala AFF 2022: Kontroversial Laga Malaysia vs Vietnam, Wasit Curang!!!

 Kim Pan-gon Nggak Mau Kasih Komentar

Kim Pan-gon. @Bola.net


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022 memunculkan kontroversi keputusan wasit, berupa foul di luar lapangan yang berujung penalti. Pelatih Kim Pan-gon nggak mau kasih komentar.
 
Vietnam bungkam Malaysia 3-0 pada laga Grup B Piala AFF 2022 yang digelar di My Dinh National Stadium, Selasa (27/12/2022) malam WIB. Gol-gol Golden Star Warriors dicetak oleh Nguyen Tien Linh (pada menit ke-28), penalti Que Ngoc Hai (62'),Nguyen Hoang Duc (82').
 
Laga tersebut diwarnai kontroversi. Wasit Jepang, Ryuji Sato memberi hadiah penalti buat Vietnam karena pelanggaran di luar lapangan oleh Azam Azmi kepada Doan Van Hau.
 
Dalam tayangan ulang, kedua pemain itu berduel di dalam kotak penalti Malaysia untuk rebutkan bola. Azam berhasil menyapu bola dan kedua pemain meluncur ke luar lapangan.
 
Terlihat, Azam tampak melayangkan kakinya ke arah kepala Van Hau saat terjatuh. Setelah berdiskusi dengan hakim garis, wasit Ryuji Sato lantas memberi hukuman penalti dan melayangkan kartu merah.
 
Meski dianggap kontroversial, keputusan wasit tersebut ternyata merujuk pada Law of the Game FIFA 2022/2023 soal penalti.
 
"Tendangan penalti diberikan jika pemain melakukan pelanggaran yang berbuah tendangan bebas langsung di dalam area penalti sendiri atau di luar lapangan sebagai bagian dari permainan sebagaimana diuraikan dalam peraturan 12 dan 13," bunyi Law of the Game FIFA soal penalti.
 
Pelanggaran Azmi kepada Van Hau termasuk pelanggaran yang berbuah tendangan bebas langsung seperti dalam aturan 12 dan 13. Ini karena pemain Terengganu FC itu menendang lawan.
 
Jika pelanggaran terjadi di luar lapangan seperti yang dilakukan Azmi, titik tim lawan mendapat tendangan bebas adalah di garis lapangan terdekat terjadinya pelanggaran. Pada pelanggaran Azmi, garis terdekat berada di area penalti Malaysia. Ini membuat Vietnam berhak mendapat hadiah tendangan 12 pas.
 
Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon tidak mau berkomentar banyak. Menurutnya, timnya menerima kekalahan dan akan bangkit, soal kontroversi itu, akan coba dianalisis lagi.
 
"Insiden itu menyulitkan kami untuk mencoba menyamakan kedudukan, jadi saya tidak punya komentar tentang pemain saya. Saya perlu menganalisis ulang untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi, saya tidak berkomentar dulu terutama apa yang dilakukan pemain-pemain saya," ujarnya dilansir dari media Malaysia, Harimau Malaya.
 
Sumber : sepakbola

Post a Comment

0 Comments