Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

4 Jajanan Olahan Telur yang Masih Eksis Hingga Kini

 

Ilustrasi Martabak Telur. (Instagram Sukmawati Rs)


MAJALAHJURNALIS.Com - Camilan merupakan jenis makanan ringan yang biasanya disantap untuk menemani berbagai kegiatan. Bisa juga sebagai pengganjal perut di sela-sela waktu makan. 

Camilan sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang beberapa diantaranya berbahan dasar telur. Misal, 4 jajanan di bawah ini yang nyatanya masih eksis hingga sekarang.

1. Telung (Telor gulung)

Telur gulung merupakan jajanan yang paling populer. Bahan lain yang diperlukan untuk membuat ini adalah tepung tapioka, gunanya agar lebih mudah untuk digulung pada bambu tusuk. 

Pasalnya, walaupun terlihat mudah, proses pembuatan telur gulung ini cukup sulit jika belum terbiasa. Kebanyakan hasilnya tidak mengembang dan lepek karena terlalu banyak minyak.

Penyajian telur gulung biasanya ditaburi bubuk cabai atau disiram menggunakan saus yang cenderung cair. Kamu bisa pilih satu sesuai selera.

2. Cilor (Aci telor)

Cilor menjadi jajanan olahan telur yang paling populer dan banyak ditemukan di depan sekolah. Sesuai namanya, cilor juga berbahan dasar aci yang direbus. Kemudian, dicelupkan dengan telur dan digoreng.

Rasa gurih akan kamu rasakan begitu menyantap cilor yang teksturnya kering di luar, namun lembut di dalam. Pada penyajiannya juga kamu bisa menambahkan berbagai bumbu bubuk, seperti cabai, keju, rumput laut, dan lain-lain.

Jika kurang suka dengan bumbu bubuk, kamu bisa menambahkan saus yang dianggap lebih aman di tenggorokan. Dengan catatan, jangan terlalu berlebihan, karena bisa memicu penyakit seperti diare.

3. Maklor (Makaroni telor)

Maklor adalah kependekan dari makaroni telor yang juga masih eksis sebagai jajanan hingga saat ini. Pembuatannya jauh lebih sederhana karena hanya mencampurkan kedua bahan tersebut dan menuangkannya pada panci cetakan. 

Jangan lupa untuk menambahkan garam dan lada agar tidak hambar. Nah, begitu matang, kamu bisa menyantapnya dengan saus apapun. Bisa cabai pedas atau tomat, serta mayones jika ingin ada sensasi asam.

4. Martel (Martabak telur)

Martel mungkin tidak sepopuler tiga jajanan diatas, namun kehadirannya masih tetap ada hingga kini. Tepatnya di beberapa daerah, seperti Cirebon. Tak hanya remaja dan anak-anak, orang dewasa pun masih memburu kuliner lezat satu ini.

Martel adalah martabak telur yang dibuat pada panci dengan cetakan bulat mirip kue cubit. Telur dikocok bersamaan dengan potongan daun bawang, lalu dimasak di tempat tersebut. 

Rasa gurih dari telur dan daun bawang ini akan membuatmu merasa ketagihan. Terlebih jika ditambahkan bubuk kaldu dan saus. Keinginan untuk menyantapnya setiap hari akan kian meningkat.

Nah, dari keempat jajanan berbahan dasar telur diatas, mana yang sering kamu beli dan paling disukai?

(Sumber : Yoursay.id)

Post a Comment

0 Comments