Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jembatan Penghubung Desa Kelapa Sebatang dan Desa Air Hitam - Labura, Kupak Kapik

 

Masyarakat bergotong-royong memperbaiki jembatan tersebut tanpa kepedulian pemerintah setempat. @Majalahjurnalis.com


MAJALAHJURNALIS.Com (Labura) - Jembatan penghubung Dusun Suka Tani Desa Kelapa Sebatang ke Dusun Sidomulyo Desa Air Hitam Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labura sepanjang 35  meter dibangun hasil Swadaya  Masyarakat pada tahun 1980 dan kondisinya saat berita ini diterbitkan sangat mengkuatirkan dan membahayakan bagi warga yang melintasi jembatan tersebut.
 
Padahal jembatan ini satu-satunya akses jalan yang dilalui masyarakat untuk mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan warga.



Supriadi (sebelah kanan) warga Air Hitam yang peduli lingkungan. @Majalahjurnalis.com 

 
Pantauan Majalahjurnalis.com, Jumat (14/10/2022), kondisi jembatan saat ini kupak-kapik, banyak tiang penyangga sudah lapuk dan patah, kondisi jembatannya pun sudah miring nyaris mau tumbang dan bakal hanyut dibawa air karena tekanan sampah rumput sudah terlalu padat bersandar ditiang-tiang jembatan.


Bahkan sudah banyak warga yang korban, bahkan papannya sebagai tempat lindasan kendaraan sudah banyak yang lapuk, namun perhatian pemerintah tak ada niat untuk memperbaikinya, bahkan sampai ada warga yang terjatuh ke sungai pada saat melansir hasil perkebunan dan pertanian.
 
Peristiwa itu dibenarkan Supriadi warga Desa Air Hitam kepada Majalahjurnalis.com saat ditemui di lokasi jembatan itu pada hari Jumat (14/10/2022).


Kondisi Jembatan sangat mengkuatirkan bagi yang melintasinya, apalagi saat membawa hasil kebun seperti buah sawit. @Majalahjurnalis.com

 
Beliau mengatakan, jembatan penghubung 2 Dusun ini, mulanya dibangun pada tahun 1980-an, namun sampai saat ini tahun 2022 belum pernah ada perhatian Pemerintah Desa dan Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten Labura.
 
“Jika Pemerintah Desa Kelapa Sebatang dan Desa Air Hitam dan Pemerintah Kecamatan Kualuh Leidong tak memiliki anggaran dari Dana ADD (Alokasi Dana Desa) untuk perbaikan Jembatan sepanjang 35  meter ini, maka Pemkab Labura wajib memperhatikan ini, karena jembatan ini adalah jembatan penghubung dan selalu dilalui warga. Harapan kami kepada Pemdes Desa Air Hitam dan Pemdes Kelapa Sebatang agar ajukanlah permohonan perbaikan jembatan ini ke Pemkab Labura supaya dapat dianggarakan dan masuk dalam program pembangunan perbaikan melalui Dana APBD Pemkab Labura”, ucap Supriadi  mengakhinya. (Amin Hsb)

Post a Comment

0 Comments