Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lihatlah Tanda di Botol Minuman Sekali Pakai, Awas... Bahaya bagi Kesehatan

 

Thailand sulap sampah plastik jadi APD. ©REUTERS/Soe Zeya Tun


MAJALAHJURNALIS.Com - Botol minum memiliki fungsi yang penting untuk memudahkan seseorang memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Seseorang dapat tetap memenuhi asupan cairan walaupun sedang di luar dengan mengisi botol minum sesuai dengan kebutuhan.
 
Seringkali orang-orang tidak mengetahui jenis botol apa saja yang dapat dipakai berulang kali. Ada berbagai tanda yang dapat mengindikasikan bahwa botol tersebut tidak boleh digunakan berulang kali.
 
Tanda botol sekali pakai ini sebenarnya telah banyak diketahui. Namun meski sudah mengetahuinya, sebagian orang masih kerap meremehkan tanda tersebut dan tetap menggunakan botol secara berulang kali. Padahal penggunaan botol sekali pakai ini dapat memicu timbulnya masalah kesehatan dalam tubuh.
 
Pencegahan penggunaan botol sekali pakai ini dapat diganti dengan menggunakan botol dengan tanda botol yang dapat dipakai berulang kali. Botol ini terjamin aman bagi kesehatan tubuh manusia. Perlu pengetahuan yang lebih mengenai tanda botol sekali pakai dan tanda-tanda lain yang serupa agar tidak salah dalam memilih botol yang baik untuk kesehatan.
 
Tanda Botol Sekali Pakai
 
Terdapat tujuh tanda pada botol yang dapat kita temui. Empat di antaranya adalah tanda botol sekali pakai yang bahaya jika digunakan berulang kali. Berikut empat tanda botol sekali pakai yang perlu diketahui.
 
1. Angka 1: PET
Botol dengan simbol segitiga 1 (PET) merupakan bahan plastik yang paling umum digunakan dalam produk konsumen. Tanda ini ditemukan pada sebagian besar botol air kemasan. Tanda segitiga pada botol air kemasan ini dimaksudkan sebagai tanda botol sekali pakai. Angka 1 menunjukkan bahwa bahan dari botol tersebut adalah polietilen tereftalat (PET). Botol dengan bahan dasar ini tidak dapat digunakan kembali sebagai tempat air minum.
 
2. Angka 3: PVC
Angka 3 dalam simbol segitiga ini menunjukkan bahan dasar dari botol ini adalah polivinil klorida. PVC mendapat julukan plastik beracun yang tidak boleh digunakan kembali untuk tempat makanan atau air minum. Selain itu, PVC memiliki kandungan diethylhydroxylamine yang berbahaya ketika kontak langsung dengan minuman atau makanan.
 
3. Angka 6: PS
Botol dengan tanda segitiga angka 6 ini berbahan dasar polystyrene (PS). Termasuk dalam jenis plastic yang ringan, mudah dibentuk, dan harganya murah. Bahan dasar dalam pembuatan peralatan makan sekali pakai sehingga tidak dianjurkan untuk menjadi wadah makanan dan minuman. Tanda botol sekali pakai ini perlu dihindari karena memiliki kandungan yang membahayakan kesehatan manusia.
 
4. Angka 7: Other
Botol yang tidak masuk dalam ke-enam tanda di atas masuk pada angka 7. Beberapa bahan dasar yang termasuk dalam jenis ini adalah acrylonitrile butadiene styrene (ABS), styrene acrylonitrile (SAN), polycarbonate (PC), dan nylon. Perlu berhati-hati dengan botol berangka 7 ini tidak dianjurkan untuk minuman dan makanan karena memiliki secara kimiawi berbahaya bagi kesehatan.
 
Bahaya Memakai Botol Sekali Pakai untuk Berulang Kali
 
Botol plastik dengan tanda segitiga bernomor 1, 3, 6, dan 7 dapat diartikan sebagai tanda botol sekali pakai. Tanda ini berarti botol dilarang untuk dipakai berulang kali. Hal ini didasarkan pada kandungan pada bahan dasar botol tersebut dapat membahayakan kesehatan.
 
Beberapa bahaya yang dapat timbul akibat penggunaan botol sekali pakai.
1.    Meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam botol,
2.    Tercemarnya air minum di dalam botol,
3.    Berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati,
4.    Sistem reproduksi terganggu,
5.    Meningkatkan terjadinya infeksi,
6.    Risiko terkena kanker payudara, dan
7.    Gangguan pada janin dan ibu hamil.
 
Bahaya penggunaan botol sekali pakai ini harus mulai diperhatikan. Cara paling mudah adalah dengan memperhatikan tanda-tanda dalam botol yang akan kita gunakan. Pilihlah botol air dengan tanda selain 1, 3, 6, dan 7 yang berarti dapat digunakan berulang kali dengan aman.
 
Pengolahan Botol Sekali Pakai
 
Sebagian orang memiliki alasan menggunakan botol plastik berulang kali, entah karena tidak paham tanda botol sekali pakai atau tidak ingin menambah jumlah sampah plastik di sekitarnya. Namun, langkah tersebut bukan langkah yang baik untuk dilakukan. Botol plastik dengan tanda botol sekali pakai ini dapat diolah agar tidak menimbun sampah dan membahayakan kesehatan.
 
Berikut beberapa cara pengolahan yang dapat dilakukan dengan mudah.
1.    Mendaur ulang botol menjadi benda yang lebih berguna,
2.    Menggunakan botol sekali pakai sebagai wadah non konsumsi,
3.    Meremas botol setelah dipakai dan buang ke tempat sampah, dan
4.    Membuang botol sekali pakai ke tempat penguraian sampah.
 
Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan secara berkala di tempat tinggal masing-masing. Pengolahan sampah yang diikuti dengan kesadaran akan lingkungan merupakan langkah yang baik untuk melindungi kesehatan tubuh dan lingkungan.
 
Selain itu, seseorang juga dapat memperoleh keuntungan ekonomis dari pengolahan botol tersebut. Bumi sudah semakin tua, sudah sepantasnya dijaga dan dirawat agar tetap memberi manfaat bagi semua makhluk hidup.
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments