Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tewaskan Dua Orang Pria Umbar Tembakan di Bandara Chisinau

 

Pistol. ©2012 Merdeka.com


MAJALAHJURNALIS.Com (Maldova) - Seorang pria melepaskan tembakan di di Bandara Internasional Chisinau, Moldova, Jumat (30/6/2023) waktu setempat. Muntahan pelurunya menyebabkan dua orang tewas seketika.
 
Presiden Maia Sandu mengatakan dua orang yang tewas adalah penjaga perbatasan dan petugas keamanan bandara. Sedangkan seorang lainya mengalami luka.
 
Dikutip dari BBC, Sabtu (1/7/2023), pria yang melakukan penembakan merupakan warga negara Tajikistan berusia 43 tahun. Dia juga mengalami luka dan kini sudah ditahan.
 
Kronologi Penembakan
Pejabat setempat mengatakan, pemicu insiden penembakan diduga karena seorang warga negara asing yang datang dari Turki ditolak masuk ke Moldova.
 
Kemudian, pria itu dibawa ke area khusus di bandara. Di sanalah, dia merebut pistol salah satu polisi perbatasan dan menembak dua orang.
 
Insiden itu sempat membuat calon penumpang yang berada dievakuasi ke luar bandara. Bahkan, penerbangan dari dan ke Bandara Chisinau sempat dihentikan sementara.
 
Presiden Sandu menyampaikan duka cita mendalamnya atas insiden yang menewaskan dua orang tersebut. Dia meminta seluruh petugas keamanan untuk siaga tinggi dan meningkatkan kewaspadaan.
 
"Hari yang menyedihkan bagi kita semua," katanya.
 
Ditambahkan Sekretaris Pers Pemerintah, Daniel Voda, pemerintah akan menjamin keamanan negara. Dia juga pastikan kepolisian akan terus memastikan kondisi di wilayahnya kembali normal meski tetap meningkatkan kewaspadaan.
 
"Semua tindakan telah diambil untuk mengembalikan situasi menjadi normal. Penegak hukum akan terus memastikan keamanan dan ketertiban umum di bandara," katanya.
 
Seperti diketahui, Moldova beberapa bulan terakhir memang memperketat wilayahnya setelah Presiden Sandu menuduh Rusia menggunakan sabotase asing untuk menggulingkan pemerintahnya yang dianggap pro-Uni Eropa.
 
Moldova berpenduduk 2,6 juta orang dan menjadi calon anggota Uni Eropa pada musim panas lalu.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments