Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Simak Penjelasan Dokter! Apakah Makan Nanas Dapat Turunkan Kolesterol?

 

Foto: iStock

MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Masalah kolesterol menghantui ketika setelah momen Idul Fitri. Sebab, makanan yang tersedia selama hari raya banyak mengandung lemak, daging yang memiliki kandungan kolesterol tinggi.
 
Salah satu cara orang untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi buah nanas. Benarkah nanas bisa efektif menurunkan kolesterol?
 
Dokter spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD memberikan penjelasan terkait hal itu. Menurut dia, ada sebuah penelitian yang mengaitkan buah nanas dan proses penurunan kolesterol.
 
"Kandungan bromelain pada nanas dapat membantu menurunkan kadar kolesterol," ujarnya dilansir detikHealth.
 
Hanya dia menilai perlu ada penelitian mendalam soal efektivitas dan porsi masih diperlukan. "Namun, seberapa banyak dosis dan efektivitasnya, perlu penelitian lanjutan," kata dr Rudy.
 
Ia lantas mengungkapkan salah satu penelitian terkait manfaat bromelain pada proses penurunan kolesterol. dr Rudy mengatakan bahwa terdapat penelitian yang menunjukkan efektivitas dengan dosis bromelain sebesar 400 mg per hari. Untuk memenuhi dosis tersebut, jumlah buah nanas yang dikonsumsi dalam sehari cukup besar.
 
"Sebagai contoh ada penelitian yg menunjukkan efektivitas dengan dosis bromelain 400 mg per hari. Sementara kandungan bromelain dalam nanas berkisar antara 0,1-0,6 persen. Artinya untuk mendapatkan dosis 400 mg perlu minimal 400 gram nanas," ungkapnya.
 
dr Rudy mengingatkan bahwa olahraga dan menyeleksi makanan yang dikonsumsi selama lebaran masih menjadi beberapa cara ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Ada baiknya masyarakat mengurangi pilihan daging berlemak serta mengurangi jumlah kuah makanan yang tinggi minyak atau lemak.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments