Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

6 Manfaat Labu Siam Rebus untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Pencernaan

 

Ilustrasi labu siam. ©Shutterstock

MAJALAHJURNALIS.Com Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi di Indonesia. Sayuran ini terkenal akan kandungan vitamin B, vitamin C, mineral. Tak heran jika labu siam tak hanya enak tetapi juga menyehatkan tubuh.

Selain itu, labu siam juga terkenal akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi labu siam dengan cara direbus atau ditumis.

Namun, jika kamu tak ingin terlalu banyak kehilangan kandungan nutrisinya kamu bisa memilih mengonsumsi labu siam dengan cara direbus. Cara tersebut juga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Agar rasanya lebih enak kamu bisa menambahkan sedikit lada dan garam saat merebusnya. Berikut 6 manfaat labu siam rebus untuk kesehatan tubuh yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Kamis (19/8/2021).

Baik untuk Pencernaan

Manfaat labu siam rebus untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah baik untuk pencernaan. Dalam hal ini, kita semua tahu bahwa saluran pencernaan bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting, termasuk detoksifikasi, kekebalan, dan pencernaan serta penyerapan nutrisi. Konsumsi buah-buahan dan sayuran seperti labu siam dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Flavonoid, senyawa tanaman yang mendukung pencernaan, ditemukan dalam jumlah tinggi dalam labu siam. Penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya flavonoid membantu enzim pencernaan yang terlibat dalam pembuangan dan ekskresi produk limbah di saluran pencernaan.

Terlebih lagi, asupan makanan kaya serat yang memadai seperti labu siam dapat mendorong fungsi usus yang sehat dan pemeliharaan bakteri usus yang sehat. Manfaat ini meningkatkan keteraturan usus dan dapat berperan dalam mencegah berbagai kondisi kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar.

Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat labu siam rebus untuk kesehatan tubuh berikutnya dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya labu siam menawarkan sangat sedikit kalori tetapi banyak serat. Ini merupakan dua atribut yang dapat mendukung berat badan yang sehat.

Labu siam utuh (203 gram) menghasilkan 39 kalori dan 4 gram serat. Serat memperlambat laju pengosongan lambung, membuat kamu merasa kenyang dan puas lebih lama yang dapat menurunkan asupan makanan dan mendorong penurunan berat badan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat makanan dapat meningkatkan hormon rasa kenyang seperti GLP-1 dan peptida YY. Dengan demikian, menambahkan labu siam ke dalam makanan dapat membantu Anda tetap pada jalur dengan tujuan penurunan berat badan.

Kontrol Gula Darah

Labu siam memiliki total karbohidrat rendah dan serat larut tinggi yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat larut memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat yang mengurangi respons gula darah setelah makan.

Chayote juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan memengaruhi insulin. Resistensi insulin adalah suatu kondisi yang terjadi ketika sel-sel kamu menjadi kurang sensitif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Hal ini menyebabkan kadar gula darah semakin tinggi dan pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman unik dalam labu siam dapat berperan dalam meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dengan mengurangi aktivitas enzim yang terkait dengan kontrol gula darah yang buruk dan diabetes tipe 2.

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Tak hanya dapat mengontrol gula darah, manfaat labu siam rebus juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Rajin konsumsi labu siam dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk. Myricetin, antioksidan yang ditemukan dalam labu siam, juga telah terbukti menurunkan kolesterol dalam beberapa penelitian.

Selain itu, labu ini adalah sumber serat yang baik, menyediakan sekitar 14% dari asupan harian. Asupan makanan kaya serat yang lebih tinggi seperti labu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Cegah Penuaan Dini

Salah satu teori utama penuaan berpusat pada molekul yang disebut radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel-sel yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya fungsionalitas dari waktu ke waktu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Labu siam kebetulan penuh dengan antioksidan, salah satunya adalah vitamin C.

Selain kapasitas antioksidannya, vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, salah satu protein utama yang ditemukan di kulit. Kolagen sering dikreditkan dengan penampilan kulit yang kencang dan muda. Dengan demikian, asupan makanan kaya vitamin C yang memadai seperti labu siam dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Terlebih lagi, penelitian tabung reaksi baru-baru ini mengungkapkan efek perlindungan yang kuat dari ekstrak labu siam pada sel kulit manusia terhadap kerusakan akibat radiasi UV.

Mendukung Kehamilan yang Sehat

Folat, atau vitamin B9 penting untuk semua orang. Tetapi nutrisi ini sangat penting bagi mereka yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selama awal kehamilan, folat diperlukan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Asupan folat yang cukup juga dapat berperan dalam mencegah kelahiran prematur.

Chayote adalah sumber folat yang sangat baik, menyediakan lebih dari 40% asupan harian yang disarankan dalam satu buahnya. Dengan demikian, labu siam dan makanan kaya folat lainnya sebagai bagian dari diet seimbang adalah cara yang bagus untuk mendukung kehamilan yang sehat.

(Sumber : nof-Merdeka.com)

Post a Comment

0 Comments