Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

ANTARA Merupakan Kantor Berita Nasional Indonesia

 

Shutterstock


MAJALAHJURNALIS.Com - Nama kantor berita nasional Indonesia adalah Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA atau biasa disingkat dengan LKBN ANTARA.
 
Kehadiran kantor berita nasional ini menjadi sesuatu yang vital sebagai perpanjangan mata dari telinga media massa sebagaimana media massa merupakan perpanjangan mata dan telinga manusia.
 
Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang kantor berita nasional Indonesia dan dunia secara lebih mendalam.
 
Untuk kamu yang ingin tahu informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya di bawah ini!
 
Apa Itu Kantor Berita?
 
Dilansir dari laman Binus University, kantor berita adalah lembaga pers yang memproduksi dan menyebarluaskan berita dalam bentuk naskah, foto, berita, dan video.
 
Kantor berita nasional mendapatkan sumber berita dari jurnalis, koresponden, dan kantor berita internasional.
 
Pengertian kantor berita dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 diatur dalam pasal 1 ayat 1 yang berbunyi, "Kantor berita adalah perusahaan pers yang melayani media cetak, media elektronik, atau media lainnya serta masyarakat umum untuk memperoleh informasi."
 
Dilihat dari pengertian tersebut, posisi kantor berita diletakkan sebagai kedudukan penyedia jasa informasi.
 
Dengan berkembangnya teknologi informasi, berbagai informasi yang disediakan oleh kantor berita juga bisa langsung diakses oleh publik sehingga kantor berita juga berfungsi sebagai penyalur berita.
 
Dikutip dari jurnal berjudul Kantor Berita di Era Multimedia Studi: Lembaga Kantor Berita Negara, Antara oleh Toni Mulyadi, kehadiran kantor berita merupakan sesuatu yang sangat vital. Kantor berita berperan sebagai alat perjuangan bangsa dan instrumen dari arus globalisasi yang datang begitu deras.
 
Pengaruh yang kuat dari keberadaan kantor berita secara tradisional tentu dirasakan oleh koran. Pengaruh ini kemudian meluas ke media elektronik yang juga merasakan pengaruh dari sebuah kantor berita.
 
Kantor berita juga bisa disebut sebagai newswire yang berfungsi sebagai sumber kontribusi isi koran. Maka dari itu, kantor berita adalah perpanjangan mata dari telinga media massa, sebagaimana media massa merupakan perpanjangan mata dan telinga manusia.
 
Setiap negara memiliki kantor berita milik pemerintah maupun swasta. Beberapa kantor berita yang terkenal di dunia seperti Reuters di Inggris, Associated Pres milik perusahaan pers di Amerika Serikat, dan Indonesia memiliki LKBN ANTARA satu-satunya kantor berita milik pemerintah.
 
Nama Kantor Berita Nasional Indonesia
 
Nama kantor berita nasional Indonesia adalah ANTARA atau biasa dikenal juga sebagai Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA atau biasa disingkat dengan LKBN ANTARA.
 
Kantor Berita ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena ketika semangat perjuangan kemerdekaan nasional menggelora dan digerakkan oleh para pemuda pejuang.
 
Pada tahun 1945, ANTARA berhasil menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 ke seluruh Dunia.
 
Dengan hal tersebut, seluruh dunia tahu bahwa pada hari itu Republik Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya.
 
Pada bulan Men 1963, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah mandat Presiden Republik Indonesia. Hal ini tertulis dalam Keputusan Presiden Nomor 307 tahun 1962.
 
Pada tanggal 24 September 1962, nama ANTARA berubah menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional Antara dengan Dewan Pimpinan diketuai Pandu Kartawiguna dengan anggota-anggota Djawoto, Moh. Nahar, Subanto Taif, Adinegoro, Mashud Sosrojudho, Suhandar, Subakir, R. Moeljono dan Zein Effendi.
 
ANTARA sebagai salah satu kantor berita bertekad untuk selalu menghadirkan berita dan foto mengenai peristiwa-peristiwa penting.
 
Selain itu, ANTARA juga bertekad untuk memberikan informasi yang mutakhir secara cepat dan lengkap ke seluruh dunia, baik melalui saluran distribusi sendiri maupun bekerja sama dengan berbagai mitra dari seluruh dunia.
 
Dikutip dari jurnal berjudul Kantor Berita di Era Multimedia Studi: Lembaga Kantor Berita Negara, Antara oleh Toni Mulyadi, ANTARA sebagai kantor berita nasional perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar bisa bersaing dengan kantor berita internasional dan juga derasnya arus informasi yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat melalui media sosial.
 
Selain melayani media massa, kantor berita juga melayani pelanggan secara individu dengan menggunakan konsep berita online.
 
Kantor berita juga dapat menyediakan berbagai informasi yang bisa diakses oleh khalayak umum secara luas.
 
Kantor Berita Dunia
 
Berbagai negara di dunia memiliki kantor beritanya masing-masing yang berfungsi sebagai penyedia informasi untuk negara tersebut.
 
Kamu mungkin sudah cukup mengenal beberapa kantor berita dunia yang memang sudah memiliki reputasi yang cukup baik seperti Reuters dan Associated Press.
 
Kedua kantor berita tersebut memiliki peran untuk menyediakan informasi kepada rakyat Inggris dan Amerika Serikat, bahkan juga masyarakat dunia secara luas.
 
Nama kantor berita nasional Indonesia adalah Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA (LKBN ANTARA). Kantor berita ini bertugas untuk menyediakan konten informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.
 
Sumber : detikbali

Post a Comment

0 Comments