Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Nyamar Jadi Juru Parkir Liar, Polda Sumut Tangkap Belasan Preman Resahkan Masyarakat di Medan

 

Gambar. @Inews.id

MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Tim Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumatera Utara menangkap belasan preman berkedok juru parkir liar yang meresahkan masyarakat di wilayah ibu kota provinsi, Medan.
 
"Atas perintah Kapolda Sumut [Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak] dilakukan penindakan pelaku premanisme guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dan ini menjadi atensi seluruh jajaran," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (14/3/2023).
 
Hadi mengungkapkan, beberapa lokasi di Kota Medan yang menjadi sasaran penindakan. Beberapa lokasi itu adalah Jalan Sisingamangaraja, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Pemuda, Simpang Tol Amplas, Jalan Brigjen Hamid, dan Pasar Titi Kuning.
 
"Lokasi ini kerap terjadi aksi pungutan liar (pungli). Totalnya tim Jatanras mengamankan 14 orang pelaku premanisme," ujar Hadi.
 
Modus operandi dari para preman melakukan pungutan liar yakni masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan untuk diminta sejumlah uang.
 
"Mereka meminta sejumlah uang kepada sopir angkot, sopir bus, menjadi juru parkir liar," ujar juru bicara Polda Sumut tersebut.
 
Hadi menambahkan, saat ini para preman dalam proses penyelidikan jika ditemukan unsur melanggar hukum atau Pidana maka proses penyidikan berlanjut
 
"Kita cek apakah mereka terdapat unsur Pidananya, jika ada perbuatan pidana tentu kita proses," kata Hadi.
 
Sebelumnya perihal parkir liar dan premanisme di ibu kota provinsi Sumut itu menjadi sorotan setelah Wali Kota Medan Bobby Nasution menegur tukang parkir ilegal.
 
Aksi Bobby itu diunggah pada akun Instagram miliknya pada 11 September 2022 silam. Dalam unggahan tersebut terlihat Bobby marah dan mengamuk kepada seorang pria yang diduga merupakan petugas parkir liar. Bobby marah karena melihat lokasi parkir di badan jalan dan mengganggu pengguna jalan.
 
Bobby yang dikenal pula sebagai menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) awalnya terlihat turun dari mobil dan memanggil seseorang yang disebut sebagai petugas parkir liar.
 
"Hey, sini kau," kata Bobby dikutip dari Instagram.
 
Bobby pun bertanya kepada pria itu alasan adanya parkir berlapis di badan jalan itu.
 
"Kau preman sini? Kok kau buat parkir kayak gini?" kata Bobby sambil menunjuk kondisi lokasi parkir.
 
Pria yang ditanyai Bobby itu pun menjawab bukan dia yang membuat parkir itu. Bobby terlihat tidak percaya dan meminta agar parkiran itu segera dibenahi.
 
"Kau rapikan ini," tutur Bobby mengutip detikcom.
 
Dalam unggahan videonya itu, Bobby menyebut jangan sampai ada lagi parkir liar yang menggunakan badan jalan. Bobby juga meminta agar warga menggunakan lahan parkir yang sudah disediakan.
 
"Saya tegaskan, jangan ada lagi kejadian parkir-parkir liar bahkan sampai memakan badan jalan seperti di Jalan Dr. Mansyur Kecamatan Medan Baru ini. Bagi para juru parkir serta seluruh masyarakat Kota Medan silakan gunakan lahan parkir yang sudah disediakan," tulis Bobby kala itu di akun instagramnya.
Sumber : CNN Indonesia

Post a Comment

0 Comments