Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Miliki Berat Badan Ideal

 

ilustrasi berat badan. © elembarazo.net


MAJALAHJURNALIS.Com Tubuh kita sebenarnya memiliki hitungan berat badan ideal sendiri. Dari satu orang ke orang lain, terdapat berat badan ideal yang bisa berbeda-beda.
 
Kerap kali seseorang merasa terlalu kurus padahal dia sudah memiliki berat badan ideal. Sebaliknya, bisa saja dia merasa terlalu gemuk padahal sudah memiliki berat badan ideal.
 
Patokan yang salah atau keinginan untuk menguruskan tubuh secara berlebih kerap membuat seseorang memiliki target yang keliru dalam menurunkan berat badan. Hal ini perlu untuk dihindari karena bisa berdampak buruk baik secara fisik maupun mental.
 
Dalam mencapai berat badan ideal ini, terdapat sejumlah hal yang sebenarnya bisa menjadi patokan bahwa bobotmu sudah tepat. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi patokan bahwa kamu sudah memiliki berat badan ideal.
 
1. Sudah Menerapkan Pola Hidup Sehat
Kunci untuk mempertahankan berat badan ideal adalah menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang tepat. Jika kedua hal ini sudah kamu terapkan dan kamu sudah terbiasa melakukannya, bisa jadi saat ini kamu sudah memiliki berat badan ideal.
 
Kadang kala, tubuh besar milikmu tidak selalu berisi lemak, namun bisa saja dipenuhi otot yang sudah terbentuk. Kondisi ini tidak berarti bahwa kamu kelebihan berat badan atau tidak fit.
 
2. Sudah Miliki Berat Badan secara Stabil
Jika berat badanmu selalu stabil dan kamu merasa cukup bugar, maka hal ini berarti bahwa tubuhmu dalam kondisi sempurna dengan berat badan ideal. Tidak perlu upaya terlalu besar untuk mencapai berat badan sempurna bila angka di timbangan sudah stabil dan tidak terus meningkat atau menurun. Ketika seseorang sudah mencapai berat badan sehat, biasa berat badan tidak akan mudah naik atau turun.
 
3. Miliki Lingkar Pinggang yang Tepat
Lemak perut bisa tampak pada lingkar pinggang yang terlalu besar serta menjadi tanda tingginya risiko diabetes tipe 2 dan masalah kardiovaskular. Berdasar laman Kementerian Kesehatan RI, ukuran normal lingkar pinggang wanita adalah 80 sentimeter ke bawah sedangkan pada laki-laki adalah 90 sentimeter ke bawah.
 
4. Perhatikan Detak Jantung
Detak jantung saat istirahat, merupakan salah satu penanda terkait kondisi berat badanmu. Detak jantung saat istirahat yang rendah menunjukkan bahwa jantung bekerja secara efisien. Namun, detak jantung saat istirahat yang lebih tinggi dapat menunjukkan masalah kesehatan. Rentang yang sehat adalah 60 hingga 100 detak per menit.
 
5. Bahagia dengan Penampilan
Salah satu penanda utama kamu sudah memiliki berat badan ideal adalah ketika kamu sudah bahagia dan menerima penampilanmu. Walau begitu, penting juga untuk mengikuti berbagai penanda kesehatan seperti lingkar pinggang atau indeks massa tubuh (IMT).
 
Ketika kamu sudah bisa menerima kondisi tubuhmu dan sudah sesuai dengan tingkat kebugaran yang tepat, hal ini berarti kamu sudah mencapai berat badan ideal.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments