Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Panorama Sinabung dan Berastagi dari Bukit Gundaling

 

Landmark wisata Gundaling di Berastagi. (Foto: Raja Malo Sinaga/detikSumut)


MAJALAHJURNALIS.Com (Berastagi) - Berastagi selalu menawarkan panorama yang indah. Terlebih jika kita melihatnya dari daratan tinggi. Salah satu spot yang menarik untuk melihat seisi Berastagi dan Sinabung yaitu dari Bukit Gundaling.
 
Secara geografis, Bukit Gundaling terletak di Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jarak tempuh menuju Bukit Gundaling dari Medan memakan waktu 2 jam 30 menit dengan jarak tempuh 69 km.
 
Detikers yang akan berkunjung ke Bukit Gundaling akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 - Rp 10.000. Serta uang masuk Rp 7,5 ribu per kepala yang dibayar di pintu masuk.
 
Nantinya di pintu masuk, detikers akan menerima stiker yang ditempelkan ke kendaraan sebagai tanda masuk wisata Bukit Gundaling. Serta mendapatkan tiket parkir. Jadi detikers tidak perlu membayar dua kali untuk parkir ketika telah berada di Bukit Gundaling.
 
Nah, seperti apa kira-kira destinasi yang ada di sekitaran Bukit Gundaling? Berikut detikSumut hadirkan!
 
Spot Foto
 
Terdapat beberapa destinasi yang bisa dijadikan spot foto di areal Bukit Gundaling. Seperti berfoto di tugu sepeda, pondok-pondok kecil baik yang di atas pohon, landmark tulisan Bukit Gundaling yang langsung menampakkan panorama Berastagi dan Gunung Sinabung.
 
Apabila detikers ingin berfoto di spot foto sepeda, detikers hanya perlu membayar secara sukarela sebagai bentuk dukungan perawatan fasilitas.
 
Detikers yang tertarik mencetak foto-foto di Bukit Gundaling juga bisa menyewa jasa fotografer yang ada di sana. Ada biaya Rp 30 ribu untuk setiap foto yang dicetak.
 
"Kita sistemnya per foto yang dicetak. Satu foto harganya 30 ribu," kata Jimmi salah satu penyedia jasa foto di Bukit Gundaling kepada detikSumut.
 
Wisata Berkuda
 
Selain menawarkan panorama, Bukit Gundaling juga menyediakan destinasi berkuda yang memiliki rute dari atas bukit menuju Pasar Buah Berastagi. Detikers yang tertarik wisata kuda hanya perlu membayar Rp 40 ribu per orang.
 
"Hitungannya satu putaran. Putarannya dari atas (Bukit Gundaling) ke bawah (Pasar Buah Berastagi. Satu orangnya kena 40 ribu. Udah sama pemandu," kata Roger penyedia jasa berkuda.
 
Terdapat dua jenis wisata kuda yang bisa detikers coba. Pertama berkuda sendirian yang dipandu oleh pawang kuda dan kedua menggunakan delman.
 
Kedai Oleh-oleh
 
Di sekitaran Bukit Gundaling, detikers bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Terdapat souvenir dari gelang hingga pakaian yang bercorak budaya Karo.
 
Harga yang ditawarkan juga bervariatif. Mulai dari Rp 5.000.
 
Itulah seputar keindahan wisata Bukit Gundaling yang bisa detikers kunjungi. Sebagai pengingat bagi detikers yang tertarik, dipastikan memakai pakaian tebal sebab cuaca yang terbilang dingin.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments