Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantu Ringankan Beban, Bacalah Doa Penghilang Rasa Lelah

 

ilustrasi berdoa. © pexels.com/Monstera


MAJALAHJURNALIS.ComBacaan doa penghilang rasa lelah dalam Islam berikut ini bisa menjadi bantuan kala jiwa raga Anda sedang membutuhkan waktu istirahat. Rasa lelah pasti akan menghampiri siapa saja, baik itu lelah secara fisik maupun mental. Menyepelekan rasa lelah hanya akan menambah penat diri, sehingga Anda harus tahu cara melepaskannya.
 
Islam telah memiliki banyak tuntunan dan anjuran tentang berbagai hal, yang seringkali terwujud dalam sebuah lafal doa. Salah satunya adalah doa penghilang rasa lelah yang bisa dilafalkan oleh seluruh umat muslim kapan pun dibutuhkan. Karena, hanya kepada Allah SWT-lah manusia pada akhirnya akan mengeluh dan bersandar.
 
Dilansir dari laman Liputan 6 dan Dream, di bawah ini adalah kumpulan bacaan doa penghilang rasa lelah yang dapat Anda hafalkan dan baca.
 
Anjuran Rasulullah SAW
 
Rasulullah SAW telah mengajarkan para umatnya untuk menghilangkan rasa lelah baik fisik maupun mental melalui bacaan dzikir dan doa sebelum tidur. Hal ini seperti yang dialami oleh Fatimah, putri Rasulullah, saat ia lelah menjadi ibu rumah tangga dan mengurusi banyak pekerjaan rumah.
 
Kala itu, suami Fatimah, Ali RA memberi saran agar istrinya meminta khadimat atau pembantu pada sang ayah untuk meringankan beban dan menghilangkan rasa lelahnya. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:
 
Ali berkata, Fatimah mengeluhkan bekas alat penggiling yang dialaminya. Lalu pada saat itu ada seorang tawanan yang mendatangi Nabi Shalallahu alaihi wa sallam. Maka Fatimah bertolak, namun tidak bertemu dengan beliau. Dia mendapatkan Aisyah. Lalu dia mengabarkan kepadanya.
 
Tatkala Nabi tiba, Aisyah mengabarkan kedatangan Fatimah kepada beliau. Lalu beliau mendatangi kami, yang kala itu kami hendak berangkat tidur. lalu aku siap berdiri, namun beliau berkata. ‘Tetaplah di tempat kalian berdua.’ Lalu beliau duduk di tengah kami, sehingga aku bisa merasakan dinginnya kedua telapak kaki beliau di dadaku.
 
Beliau berkata, ‘Ketahuilah, akan kuajarkan kepada kalian berdua sesuatu yang lebih baik dari pada apa yang kalian berdua minta kepadaku. Apabila kalian berdua hendak tidur, maka bertakbirlah tiga puluh empat kali, bertasbihlah tiga puluh tiga kali dan bertahmidlah tiga puluh tiga kali, maka itu lebih baik bagi kalian berdua daripada seorang pembantu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Bacaan Doa Penghilang Rasa Lelah
 
Saat berada dalam kondisi lelah, seorang muslim dituntut untuk memohon keringanan kepada Allah SWT. Dianjurkan pula untuk bersabar dan memanjatkan doa yang terkandung dalam Surat Al Baqarah ayat 286 ini saat menghadapi beban hidup yang berat dan melelahkan;
 
"Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin."
 
Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."
 
Bacaan Doa Penghilang Rasa Lelah Lainnya
 
1. Doa Penghilang Rasa Lelah Akibat Kurang Istirahat
Allahummasyfini minan naumi biyasirin, warzuqni saharan fi tho'atika.
 
Artinya: "Ya Allah, sembuhkan aku karena sedikit tidur, dan berilah aku rezeki tidak tidur di waktu malam untuk taat kepada-Mu."
 
 2. Doa Penghilang Rasa Lelah Agar Tak Mudah Ditipu
La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, biyadihil khoir, wa huwa 'ala kulli syai'in qodir.
 
Artinya: "Tidak ada tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."
 
3. Doa Penghilang Rasa Lelah dan Penat
Alloohuma innii a’uudzubika an’adhilla, au’udholla, au’azilla, au’adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.
 
Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi" - (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments