Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pria di Bekasi, Mampu Modifikasi Sepeda Listrik

 

Sepeda listrik Sudaryanto di Kota Bekasi. ©2022 Merdeka.com/YouTube Liputan6 SCTV


MAJALAHJURNALIS.Com (Bekasi) - Sudaryanto, warga Kota Bekasi, Jawa Barat, mampu mengubah sepeda kayuh menjadi sepeda listrik dengan daya laju mirip sepeda motor. Sepeda hasil modifikasinya ini bisa melaju dengan kecepatan hingga 50 kilometer per jam.
 
Lokasi bengkelnya terletak di sebuah bangunan di kawasan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede. Ia pun membuka layanan merangkai sepeda listrik untuk masyarakat umum.
 
“Ada permintaan dari sejumlah rekan itu memodifikasi sepeda menjadi bertenaga listrik yang mirip pabrikan, di mana baterainya itu tersimpan di dalam sebuah frame,” kata Sudaryanto seperti dilansir dari YouTube Liputan6 SCTV.
 
Tempuh Jarak hingga 300 KM


Sepeda rakitan Sudaryanto sendiri disebut mampu menempuh jarak hingga 300 km, dengan rata-rata kecepatan 40 sampai 50 km per jam. Kecepatannya pun bisa diatur manual oleh penggunanya.
 
Untuk menempuh jarak tersebut, pengguna hanya tinggal mengisi daya baterai jenis lithium selama dua jam hingga penuh. Di bengkelnya, ia dibantu sejumlah rekan dengan alat-alat penunjang pembuatan sepeda listrik.
 
“Ada sejumlah alat yang memang dibutuhkan untuk mengerjakan ini, seperti mesin bubut, mesin milling, las alumunium kemudian perlu juga menggunakan cetakan
 
Pembuatan Selama Satu hingga Dua Bulan


Proses pembuatannya sepeda listrik ini tergantung pesanan model yang diminta konsumen. Namun rata-rata perakitannya hingga selesai, akan memakan waktu selama satu hingga dua bulan.
 
Sejumlah kendala juga ia temui dalam proses perakitannya, seperti ketersediaan sparepart dan proses pembuatan yang diminta mirip dengan produk sepeda listrik pabrikan. Untuk biayanya sendiri berkisar hingga Rp30 juta per sepeda yang juga tergantung permintaan.
 
“Kendalanya memang di sparepart ya terkadang sulit, ini karena kita harus meminta langsung dari pabrikannya. Sedangkan saat ini di Indonesia sendiri masih sangat awal (tren sepeda listrik),” katanya melanjutkan
 
Sepeda listrik buatan Sudaryanto sendiri sebelumnya sempat dipesan sebanyak 30 unit untuk acara G20 di Bali beberapa waktu lalu.
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments