Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ajak ASN Menangkan NasDem, Sekda Tapteng Mundur Usai Rekamannya Bocor ke Publik

 

Foto: Herman Suwito (kanan) bersama Sugeng Riyanta saat memimpin rapat di Pemkab Tapteng (Dok. Pemkab Tapteng)


MAJALAHJURNALIS.Com (Tapteng) - Sekretaris Daerah (Sekda) Tapanuli Tengah (Tapteng) Herman Suwito mengundurkan diri dari jabatannya. Herman mengundurkan diri setelah rekaman mengajak ASN untuk memenangkan Partai NasDem di Tapteng bocor ke publik.
 
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta membenarkan soal pengunduran diri Herman. Termasuk dengan alasan pengunduran diri Herman.
 
"Iya Sekretaris Daerah mengundurkan diri, itu terkait dengan video viral," kata Sugeng Riyanta kepada detikSumut, Jumat (29/12/2023).
 
Rekaman yang dimaksud tersebut terkait ajakan Herman untuk memenangkan Partai NasDem di Tapteng. Rekaman tersebut diambil saat Herman mengumpulkan seluruh OPD, camat, lurah dua hari menjelang dilantiknya Sugeng sebagai Pj Bupati Tapteng.
 
"Jadi ada video viral itu beliau itu tanggal 13 November mengumpulkan para OPD, camat semua dalam rangka pergantian Pj, saya kan dilantik tanggal 15 November, nah di situ ternyata ada kalimat mengajak memilih partai tertentu," ucapnya.
 
Setelah rekaman tersebut bocor, pada Rabu (27/12/2023) Herman datang ke rumah Sugeng. Herman menyatakan bertanggung jawab atas rekaman tersebut dan mengundurkan diri.
 
"Kemudian dia, Rabu hari pertama (kerja) setelah (libur) Natal masuk dia nggak ke kantor, dia langsung ke rumah intinya mengaku bersalah dan bertanggung jawab sehingga mengajukan pengunduran diri," ujarnya.
 
Sore harinya, Herman secara resmi mengundurkan diri dan Sugeng kemudian menunjuk Erman Syah Lubis sebagai Plh Sekda Tapteng. Sugeng juga mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri Herman dan mengirimkannya ke Gubernur Sumatera Utara dan Menteri Dalam Negeri.
 
"Kemudian sorenya dia mengajukan pengunduran diri resmi, kemudian langsung saya tunjuk Plh Sekda yang baru, staf ahli atas nama Pak Erman Syah Lubis," tutupnya.
 
Dalam rekaman suara yang diterima detikSumut, Herman terdengar bicara agar seluruh ASN tetap bersama-sama meskipun dia mengaku belum mengetahui warna yang akan masuk itu berwarna apa. Diduga maksud Herman adalah 'warna' Pj Bupati Tapteng yang akan dilantik.
 
Kemudian terdengar juga jika Herman mengingatkan para ASN jika mereka sudah sudah bersepakat agar setia. Sehingga Herman meminta agar mengingatkan OPD masing-masing.
 
"Tolong ingatkan juga bapak ibu sekalian di masing-masing OPD, karena kita sudah bersepakat sebelumnya kita akan setia, kita akan sehidup semati," kata Herman dalam rekaman tersebut.
 
Di bagian akhir rekaman, Herman mengingatkan ASN yang hadir terkait rencana memenangkan NasDem Tapteng tetap berjalan. Dia meminta agar hal itu tidak beredar keluar.
 
"Apa yang kita bicarakan, apa yang kita sampaikan untuk memenangkan NasDem Tapanuli Tengah itu tetap berjalan, jangan beredar keluar," ucap Herman.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments