Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Desain Revitalisasi Lapangan Merdeka, Ini Konsep Pelestarian Kota Medan Bersejarah

Usung Konsep Pelestarian Kota Bersejarah, Begini Desain Revitalisasi Lapangan Merdeka. Instagram/@prokopim_pemkomedan ©2021 Merdeka.com

MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan segera merevitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Selain menjadikannya sebagai cagar budaya, lapangan

bersejarah yang dulunya merupakan alun-alun itu akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

Revitalisasi ini mengusung konsep utama pelestarian ruang kota bersejarah yang dipadukan dengan konteks dinamika rancang kota kontemporer.

Usai direvitalisasi, nantinya Lapangan Merdeka ini akan digunakan untuk menampung segala kegiatan masyarakat.

"Kami mendengar masyarakat menginginkan Lapangan Merdeka dikembalikan fungsinya sebagai RTH dan apa yang ada di dalamnya tidak boleh berkurang," kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution, beberapa hari lalu.

Revitalisasi yang direncanakan menghabiskan anggaran hingga Rp100 miliar ini akan dimulai tahun depan.

Melansir dari unggahan akun Instagram @pemko.medan pada Sabtu (25/9/2021), berikut informasi selengkapnya.

Parkir Bawah Tanah

Instagram/@prokopim_pemkomedan ©2021 Merdeka.com

Kepala Bappeda Medan, Benny Iskandar menjelaskan, revitalisasi ini akan mempertahankan fungsi Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka publik dan menjadikannya sebagai RTH.

Di samping itu, revitalisasi ini akan mempertahankan signifikansi sejarah dan karakter Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka publik, termasuk mempertahankan keberadaan pohon-pohon tua di sana. Nantinya juga akan dirancang tempat parkir yang akan dibangun di bawah tanah.

"Selain parkir, di basement juga akan diciptakan ruang ekonomi," ucap Benny.

Siapkan Tempat Relokasi untuk Pedagang

tripadvisor.co.nz ©2021 Merdeka.com

Terkait para pedagang yang ada di Merdeka Walk, Bobby mengatakan akan merelokasi para pedagang tersebut ke kawasan Kota Lama Kesawan.

Pemindahan tenant-tenant yang ada di Merdeka Walk ini sudah dalam tahap pembahasan. Bobby memastikan, dalam pemindahan ini Pemkot tidak akan merugikan para pedagang.

"Yang pasti apa pun yang dilakukan tidak mungkin ada yang dikorban. Semua sudah kita pikirkan, tidak hanya tenant di Merdeka Walk, para pedagang buku juga sudah kita pikirkan. Begitu revitalisasi Lapangan Merdeka dilakukan, kita sudah siapkan tempat khusus untuk mereka,” ungkap Bobby.

Tempat Olahraga dan Pagelaran Seni Budaya

Revitalisasi Lapangan Merdeka ini juga bertujuan menjadikan lapangan tersebut tempat untuk segala kegiatan masyarakat, khususnya tempat untuk berolahraga dan pagelaran seni budaya. Masyarakat diharapkan bisa melakukan aktivitasnya di Lapangan Merdeka dengan lebih nyaman nantinya.

"Mudah-mudahan Covid-19 bisa terus melandai, sehingga nantinya di Lapangan Merdeka bisa dibuat pagelaran seni budaya maupun kegiatan lain di pusatkan di tempat itu. Kita sedang memikirkan konsepnya dan kita baru rapat mengenai hal itu,” tambah Bobby.

(Sumber : Merdeka.com)

Post a Comment

0 Comments