Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awas Penipuan Belanja Berkedok Market Place atau Dept Store

 

Sarniun Suhartono, SH

MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Akhir-akhir ini banyak cara orang untuk mencari keuntungan yang besar dengan cara menipu masyarakat melalui penjualan online seperti di Market Place dan Dept Store.
 
Salah satunya yang pernah terjadi dengan menjual kendaraan seperti sepeda motor atau mobil pihak penjual mengkemas kendaraan yang akan dijual sebagus mungkin dan mengkilat sehingga pihak pembeli merasa tertarik untuk memilikinya melalui jaringan sosial ini pihak pembeli lansung menghubungi nomor kontak sipenjual.
 
Menurut Sarniun Suhartono, SH selaku pemerhati Belanja Online, menjelaskan pada Majalahjurnalis.com, Sabtu (26/3/2022) di Medan.
 
Melihat hal ini secara otomatis sipenjual ada yang ingin membeli kendaraannya langsung mengajak jumpa ditengah (Maksudnya tidak dirumah pembeli atau penjual) setelah jumpa antara sipembeli dan dipenjual melihat kenderaan yang mau dibelinya sangat bagus sekali terjadilah negosiasi harga sipenjual kasih harga yang standart karena kalau dikasih harga murah maka sipembeli akan curiga.
 
Sarniun yang selalu disapa Tono menambahkan, lalu dilakukan pemeriksaan nomor mesin dan nomor rangkanya cocok dan dilihat BPKB dan STNK-nya serta ada pula Bon Faktur dari toko dan fotocopi KTP nama yang tertera di STNK maka terjadilah transaksi jual-beli.
 
Setelah dibeli kendaraan tersebut pihak pembeli ingin mengurus pajak kendaraan di kantor Samsat, maka pihak Samsat akan menahan kendaraan tersebut dengan mengatakan bahwa kendaraan itu adalah kendaraan bodong.
 
Langsung wajah sipembeli pucat pasi melihat kendaraannya ditahan di kantor Samsat.
 
Seketika itu sipembeli menghubungi nomor Hp sipenjual ternyata nomor tersebut sudah tidak aktif lagi, maka penyesalan yang sangat terdalam bagi pembeli yang belanja melalui online.
 
Kunci beli sepeda motor melalui online kalau udah cocok barangnya dan harganya sudah pas nggak ada salahnya kita ajak sipenjual pergi ke kantor Samsat terdekat untuk mengecek keabsahan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan tersebut serta mengecek keabsahan BPKB-nya.
 
Pengecekan surat-surat di kantor Samsat terkait kendaraan sepeda motor yang kita beli itu tidak dikenai biaya pemeriksaan seperti pihak Samsat Poldasu memberikan pelayanan yang terbaik dan gratis sesuai dengan mottonya.
 
Menyinggung tentang belanja online si Dept Strore, banyak juga konsumen yang tertipu ketika belanja disalah satu Store terkenal yang menjual produknya melalui online banyak konsumen yang kecewa, gambar yang dipajangkan di iklan tidak sesuai dengan gambar aslinya karena pihak toko yang menjual barang-barang di strore terkenal tersebut telah mengkemas barang itu sebagus mungkin, sementara konsumen membelinya hanya melalui COD saja.
 
“Setelah dipesan pihak konsomen sangat kecewa karena tidak sesuai dengan apa yang dilihatnya seperti.diminta warna merah yang datang warna abu-abu diminta nomor sepatu 45 yang datang nomor 40 dengan hal ini sering kita jumpai keributan antara konsumen dengan sipengantar barang karena konsumen tidak mau membayar barang yang dipesannya sedangkan kurir barang tersebut ngotot untuk minta tagihan uang sesuai dengan harga barang yang telah disepakati, maka kedepannya kita harus berhati-hati,” pungkas Tono. (TN
)

Post a Comment

0 Comments