Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Memilih Sikat Gigi Untuk Anak-Anak Guna Menjaga Kesehatan Mulut

 

ilustrasi sikat gigi. ©www.colgate.com


MAJALAHJURNALIS.Com - Memilih sikat gigi merupakan salah satu cara penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi kita. Pemilihan jenis sikat yang tepat dapat membuat proses pembersihan di gigi menjadi efektif.
 
Bagi orang dewasa, pemilihan jenis sikat gigi serta ukuran kepala sikat merupakan dua hal yang sangat menentukan. Ukuran kepala sikat ini ditentukan dari besarnya ukuran gigi dan mulut yang kita miliki. Sedangkan jenis bulu dapat bergantung pada ketahanan gigi dan gusi kita.
 
Kesehatan mulut dan gigi ini tentu saja sudah harus dimulai dan dibiasakan sejak usia yang dini. Itulah mengapa pada anak, menyikat gigi sudah mulai dilakukan sejak kedua gigi mulai tumbuh.
 
Saat anak sudah mulai beranjak lebih besar dan mereka mulai sedikit rewel ketika gigi disikat dan meminta untuk melakukannya sendiri, apa yang harus dilakukan?
 
Banyak cara berbeda yang dilakukan oleh orang tua, salah satu caranya adalah dengan memberi sikat gigi yang cukup menarik dan pasta gigi dengan rasa yang disukai anak-anak.
 
Sikat gigi anak memiliki bentuk dan ukuran yang cukup berbeda dari sikat orang dewasa. Biasanya terdapat karakter kartun atau pahlawan super pada sikat tersebut serta terdapat banyak warna yang mampu menarik dan memikat anak-anak.
 
Lalu sebenarnya sikat gigi seperti apakah yang baik untuk anak-anak? Dilansir dari WebMD, sebenarnya hanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sikat gigi anak-anak.
 
Hal yang Perlu Diperhatikan Ukuran
 
Sama seperti pada sikat gigi orang dewasa, menentukan ukuran sikat gigi ini penting karena harus disesuaikan dengan ukuran mulut dan gigi mereka. Untungnya terdapat sikat gigi khusus anak yang memang sesuai dengan ukuran mulut dan gigi mereka. pada beberapa produk sikat biasanya juga disertai keterangan usia pengguna sikat jenis tertentu.
 
Pemilihan jenis sikat yang tepat juga penting untuk membersihkan gigi anak serta membuat proses tersebut tidak terasa menyakitkan. Disarankan memilih jenis sikat soft atau extra soft agar tidak melukai gigi dan gusi anak.
 
Biarkan Anak Memilih Sendiri


Membiarkan anak memilih jenis sikat sendiri merupakan hal yang bisa diterapkan terutama ketika anak sudah mulai cukup besar. Anak pasti akan lebih menyukai pilihan sikatnya sendiri dan lebih gembira dalam menggunakannya. Tentu saja dalam proses memilih ini tetap perlu pendampingan dan pengarahan dari orang tua.


Tiga hal itulah yang bisa kita terapkan ketika memilih jenis sikat gigi yang tepat bagi buah hati kita.
 
Sumber : Merdeka.com


Post a Comment

0 Comments