Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Doa Atasi Grogi dan Bantu Percaya Diri Berbicara Menurut Islam

 

ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

MAJALAHJURNALIS.Com - Bagi sebagian orang berbicara di depan umum tidak mudah. Ada perasaan grogi dan tak percaya diri akibat tidak biasa atau belum terlatih.
 
Misalnya ketika presentasi, materi yang sudah disiapkan akan hilang sekejap karena rasa ketakutan berbicara di depan orang banyak.Perasaan grogi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya jika sering dilatih dan melakukan praktik berbicara di depan umum.
 
Selain usaha, ada doa mujarab yang bisa Anda panjatkan untuk memohon kepada Allah SWT. Dirangkum dari beragam sumber, Jumat (13/1/2023) berikut adalah bacaandoa menghilangkan grogi di depan umum.
 
Bacaan Doa Menghilangkan Grogi
 
Bacaan doa menghilangkan grogi yang pertama ialah juga termasuk doa Nabi Musa AS yang diabadikan di dalam Al-Quran surah Taha ayat 25-28. Berikut ialah bacaan yang bisa diamalkan.
 
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي
Arab-latin: Rabbisyrahlī shadrī wayassirlī amrī wahlul ‘uqdatan min lisānī yafqahū qaulī.

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."
 
Mengutip NU Online, pendakwah dari Purworejo, Jawa Tengah, KH Achmad Chalwani menjelaskan bahwa doa tersebut dibaca setiap selesai salat fardu dan ketika hendak naik ke mimbar, masing-masing sebanyak tiga kali. Doa ini juga dapat dibaca tiga kali ketika hendak berdiskusi atau bermusyawarah.
Wallahu'alam.
 
Adab Bicara di Depan Umum agar Tidak Grogi
  1. Melihat wajah pendengar dengan baik dan sopan.
  2. Tidak memotong pembicaraan atau pertanyaan orang lain.
  3. Berusaha untuk menghindari perdebatan yang tidak perlu.
  4. Pelajari dan kuasai materi pembicaraan.
  5. Persiapkan diri dengan baik.
  6. Pastikan bicara dengan intonasi dan pelafalan jelas.
  7. Menunjukkan sikap antusias saat berbicara untuk menarik perhatian pendengar.
  8. Saat berbicara di depan umum, perlu memanajemen waktu dengan baik, serta akan lebih baik jika memiliki penampilan yang menarik, bersih, dan rapi.
Doa agar Hati Tenang saat Merasa Gugup
 
Berikutnya ada doa lain agar hati tenang yang diambil dari QS. Al Baqarah ayat 250. Doa ini dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.
 
Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.
 
Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."
 
Doa agar Hati Tenang sesuai dengan Hadist Imam Thabrani
 
Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments