Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Setelah Sholat Dhuha, Doa dan Bacaan Dzikirnya Mudah Diamalkan

 

ilustrasi sholat dhuha. ©2020 Merdeka.com


MAJALAHJURNALIS.Com - Dzikir setelah sholat dhuha melengkapi ibadah. Salah satu sholat sunah yang baik untuk diterapkan sehari-hari adalah sholat dhuha. Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah matahari terbit dan sebelum matahari naik sekitar 15 derajat di atas ufuk, yaitu pada waktu antara setelah sholat subuh hingga menjelang waktu zhuhur.
 
Sholat sunah dhuha ini juga memiliki banyak sekali manfaat kebaikan. Terlebih, jika dilakukan dengan amalan-amalan tambahan seperti membaca doa dan berdzikir. Dalam hal ini, terdapat beberapa bacaan dzikir setelah sholat dhuha beserta doa khususnya yang bida Anda praktikkan.
 
Dengan mengamalkan dzikir setelah sholat dhuha, Anda bisa menambah pahala dan meningkatkan kesungguhan Anda dalam beribadah. Di mana Allah selalu menyukai hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dan istiqomah dalam beribadah.
Berikut, kami merangkum bacaan doa dzikir setelah sholat dhuha, doa khusus, dan keutamaannya, perlu Anda simak.
 
Mengenal Sholat Dhuha dan Aturan Pelaksanaannya
 
Sebelum mengetahui bacaan dzikir setelah sholat dhuha, perlu dipahami terlebih dahulu pengertian dan aturan pelaksanaan sholat sunah ini. Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah matahari terbit dan sebelum matahari naik sekitar 15 derajat di atas ufuk, yaitu pada waktu antara setelah shalat Subuh hingga menjelang waktu Zhuhur.
 
Sholat Dhuha biasanya dilakukan dengan melakukan dua rakaat sholat, namun bisa juga dilakukan dengan empat rakaat sholat atau lebih sesuai dengan keinginan. Selain itu, terdapat beberapa aturan pelaksanaan sholat dhuha lainnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
  • Niat: Sebelum memulai sholat Dhuha, sebaiknya berniat untuk melakukan sholat sunnah Dhuha dengan hati yang ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bacaan niatnya (ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā).
  • Tata cara pelaksanaan sholat: Sholat Dhuha dilakukan seperti pelaksanaan sholat pada umumnya, yaitu dimulai dengan takbiratul ihram, membaca Al-Fatihah, membaca surah atau ayat-ayat pendek dari Al-Quran, ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, dan salam.
  • Doa dan dzikir setelah sholat Dhuha: Setelah selesai sholat Dhuha, disarankan untuk membaca beberapa doa seperti doa sesudah shalat, dzikir, dan tasbih.
  • Surat anjuran: Dalam pelaksanaannya yang dianjurkan ialah setelah membaca Al Fatihah pada rakaat pertama membaca surah Ad Dhuha dan rakaat kedua membaca surah As Syams. Selain itu juga bisa membaca surat Ad-Dhuhaa pada rakaat pertama dan surat Al Insyiraah pada rakaat kedua. Namun, hal ini bukanlah wajib, melainkan hanya dianjurkan.
  • Melaksanakan sholat secara rutin: Untuk mendapatkan manfaat dari sholat Dhuha, sebaiknya melaksanakannya secara rutin, minimal sebanyak dua rakaat setiap harinya.
 
Dzikir Setelah Sholat Dhuha dan Doanya
 
Setelah memahami pengertian dan aturan pelaksanaan, berikutnya akan diberikan dijelaskan doa dan dzikir setelah sholat dhuha. Dengan mengamalkan doa dan bacaan dzikir setelah sholat dhuha, maka Anda bisa mendapatkan limpahan pahala dan kebaikan yang lebih banyak.
 
Berikut ini adalah beberapa bacaan dzikir setelah sholat Dhuha:
  • Membaca istighfar sebanyak tiga kali (Astaghfirullahal 'azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaih.)
  • Membaca kalimat tahlil sebanyak tiga kali (Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir.)
  • Membaca salawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak sepuluh kali (Allahumma shalli 'ala Muhammadin wa 'ala ali Muhammadin, kama shallaita 'ala Ibrahima wa 'ala ali Ibrahima, innaka hamidum majid. Allahumma barik 'ala Muhammadin wa 'ala ali Muhammadin, kama barakta 'ala Ibrahima wa 'ala ali Ibrahima, innaka hamidum majid).
 
Setelah membaca dzikir setelah sholat dhuha, Anda bisa membaca doa khusus setelah sholat dhuha sebagai berikut:
 
Allâhumma innad dhuhâ’a dhuhâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allâhumma in kâna rizkî fis samâ’i, fa anzilhu. Wa in kâna fil ardhi, fa akhrijhu. Wa in kâna mu‘siron, fa yassirhu. Wa in kâna harâman, fa thahhirhu. Wa in kâna ba‘idan, fa qarribhu bi haqqi dhuhâ’ika, wa bahâ’ika, wa jamâlika, wa quwwatika, wa qudratika. ©tinî mâ âtaita ‘ibâakas shâlihîn. Allâhumma bika ushâwilu, wa bika uhâwilu, wa bika uqâtilu. Rabbighfir lî, warhamnî, watub ‘alayya. Innaka antat tawwâbur rahîm.
Artinya:
“Tuhanku, sungguh waktu dhuha adalah milik-Mu. Yang ada hanya keagungan-Mu. Tiada lagi selain keindahan-Mu. Hanya ada kekuatan-Mu. Yang ada hanya kuasa-Mu. Tidak ada yang lain kecuali lindungan-Mu. Tuhanku, kalau rezekiku di langit, turunkanlah. Kalau berada di bumi, keluarkanlah. Kalau sulit, mudahkanlah. Kalau haram, gantilah jadi yang suci. Bila jauh, dekatkanlah dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh. Tuhanku, dengan-Mu aku bergerak. Dengan-Mu aku berusaha. Dengan-Mu, aku berjuang. Tuhanku, ampunilah segala dosaku. Turunkan rahmat-Mu kepadaku. Anugerahkanlah tobat-Mu untukku. Sungguh Engkau maha penerima tobat, lagi maha penyayang.”
 
Keutamaan Sholat Dhuha
 
Setelah mengetahui bacaan doa dan dzikir setelah sholat dhuha, terakhir akan dijelaskan berbagai keutamaan dari sholat sunah dhuha. Seperti disebutkan, meskipun termasuk ibadah sunah, namun sholat dhuha memiliki banyak sekali keutamaan dan keberkahan.
 
Berikut adalah beberapa manfaat keutamaan dari sholat dhuha:
  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan: Melaksanakan sholat sunah dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat sunah secara rutin, seseorang dapat lebih mendekatkan diri pada-Nya dan merasakan keberkahan dari-Nya.
  • Menambah pahala: Melaksanakan sholat sunah juga dapat menambah pahala seseorang. Pahala yang didapatkan dari melaksanakan sholat sunah adalah pahala yang besar dan dapat membantu seseorang mendapatkan ridha Allah SWT.
  • Menghapus dosa: Melaksanakan sholat sunah juga dapat membantu menghapus dosa-dosa seseorang. Sholat sunah dapat menjadi penebus dosa-dosa seseorang yang dilakukan di masa lalu.
  • Memperkuat hubungan dengan Allah SWT: Melaksanakan sholat sunah dapat membantu memperkuat hubungan seseorang dengan Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat sunah secara rutin, seseorang dapat merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan merasa lebih tenang dan damai.
  • Menjadi teladan bagi orang lain: Melaksanakan sholat sunah juga dapat menjadi teladan bagi orang lain. Ketika seseorang melaksanakan sholat sunah dengan baik dan rutin, maka orang lain dapat terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.
  • Meningkatkan kualitas hidup: Melaksanakan sholat sunah juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Sholat sunah dapat membantu seseorang merasa lebih tenang, damai, dan bahagia, serta dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  • Mendapatkan keberkahan dalam kehidupan: Melaksanakan sholat sunah dapat membawa keberkahan pada kehidupan seseorang, baik dari segi spiritual maupun materi. Keberkahan tersebut dapat berupa kebahagiaan, kelancaran rezeki, kesehatan, dan lain sebagainya.
 
Itulah beberapa anjuran dalam melaksanakan sholat sunah. Semoga kita semua senantiasa diberikan kemudahan untuk dapat melaksanakan sholat sunah secara rutin.
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments