Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sudan Memanas, Saudi Bantu Evakuasi Ribuan Pengungsi Termasuk WNI

Arab Saudi bantu evakuasi ribuan pengungsi dari Sudan. (REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY)


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Arab Saudi turut membantu mengevakuasi ratusan warga negara Indonesia (WNI) dan seribuan warga asing lain dari Sudan buntut perang yang berkecamuk di negara itu.
 
Konsul jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono, mengatakan Saudi menyediakan kapal untuk membantu evakuasi.
 
"Saudi yang sewa kapal. Ada 577 WNI yang ikut dalam kapal ini," kata Eko kepada CNNIndonesia.com, Rabu (26/4/2023), saat dimintai konfirmasi soal bantuan Saudi.
 
Dalam pernyataan resmi, Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan warga yang dievakuasi tiba di Jeddah hari ini menggunakan kapal mereka.
 
"Beberapa warga yang dievakuasi tiba dari Republik Sudan ke kota Jeddah hari ini dengan kapal Kerajaan, yang mencakup 13 warga Saudi dan 1.674 warga asing," demikian rilis resmi Kemlu Saudi, Rabu.
 
Ribuan warga asing itu berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Oman, Suriah, Libya, Aljazair, Maroko, Lebanon, Mesir, Irak, Yordania, dan Palestina.
 
Beberapa juga berasal dari Amerika Serikat, Belanda, Prancis, Irlandia. Armenia, Hungaria, Swedia, Turki dan negara lain.
 
"Kerjaan telah bekerja untuk menyediakan kebutuhan warga asing untuk memfasilitasi keberangkatan mereka ke negara mereka," lanjut pernyataan itu.
 
Sudan tengah bergejolak saat pasukan paramiliter Rapid Support Forces (RFS) dan pasukan keamanan bertempur memperebutkan kekuasaan sejak 15 April 2023.
 
Pertempuran bahkan terjadi di ibu kota Sudan, Khartoum. Banyak warga yang mendengar ledakan hingga tiga kali dalam sehari.
 
Selain itu, beberapa wilayah di Khartoum juga mengalami krisis air, listrik, sampai logistik.
 
Merespons pertempuran itu, sejumlah negara termasuk Indonesia mengevakuasi warganya yang tinggal di Sudan.
 
Pada Senin (24/4/2023), Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan sebelum diterbangkan ke Indonesia, WNI dievakuasi ke Kota Port Sudan lali ke Jeddah.
 
Retno menjelaskan mereka akan ke Jeddah menggunakan jalur laut.
 
Dalam kesempatan itu, Retno juga mengatakan sejak hari pertama konflik mencuat, pemerintah berkoordinasi dengan lima perwakilan RI, yakni Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum, KBRI Riyadh, KBRI Kairo, KBRI Addis Ababa, dan KJRI Jeddah.
Sumber : CNN Indonesia 

Post a Comment

0 Comments