Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dalam Islam, Ada Doa Untuk Menempati Rumah Baru

 

Doa Menempati Rumah Baru dan Artinya, Perlu Diamalkan. ©2023 Merdeka.com/Pixabay


MAJALAHJURNALIS.Com - Doa menempati rumah baru bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim. Saat menempati rumah baru, umat muslim dianjurkan untuk membaca beberapa amal saleh.
 
Tujuan membaca doa menempati rumah ini agar rumah yang ditempati penuh berkah dan bisa membawa kebaikan bagi penghuninya.
 
Selain itu, membaca doa menempati rumah baru juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas diberikannya rumah kepada kita. Hal ini juga perlu dilakukan agar bisa membentengi rumah dari segala macam godaan jin dan setan.
 
Ada sejumlah doa menempati rumah baru yang bisa diamalkan oleh umat muslim. Berikut doa menempati rumah baru dan artinya yang merdeka.com lansir dari NU Online:
 
Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Abu Daud
 
Doa menempati rumah baru bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim. Ketika menempati rumah baru, ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk dibaca.
 
Berikut doa menempati rumah baru menurut hadis Abu Daud, artinya:
 
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا
 
Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa w’alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.
 
Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.
 
Doa Menempati Rumah Baru dengan Membaca Surat Al-Mu’minum ayat 29
 
Doa menempati rumah baru juga bisa membaca surat Al-Mu’minum ayat 29, adapun doa yang bisa dibaca adalah sebagai berikut:
 
وَقُلْ رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ
 
Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin
 
Artinya:
Bila kamu dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah,” segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.”Katakanlah,” Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baiknya pemberi tempat.”
 
Doa Menempati Rumah Baru Latin dan Artinya
 
Selain membaca doa menempati rumah baru, umat Islam juga bisa mengerjakan beberapa amalan saleh, seperti bersyukur kepada Allah SWT, syukuran rumah baru, dan membaca surat Al-Fatihah sebanyak tiga kali.
 
Berikut doa menempati rumah baru yang bisa diamalkan:
Allahumma ya man falaqal bahra li Musa bin ‘Imran, wa najja Yunusa min bathnil hut, wa sayyaral fulka li man sya a, antal 'alimu bi 'adadi qathril bihari, wa dzarratir rimal. Ya Khaliqa ashnafi 'aja’ibil makhluqat.
 
As’alukal kifayah, ya kafiya man istakfah, ya Mujiba man da'ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hadza khairan wa barakah. Washalli 'ala nabiyyika wa rasulika sayyidina Muhammadin wa alihi wa shahbih wa sallim.
 
Artinya: “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk.


Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi.
 
Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang aku khawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”
 
Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Imam Muslim
 
A’uudzu bi kalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq
 
أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
 
Artinya:
Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments