Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

 

Ilustrasi asparagus.@detik.com


MAJALAHJURNALIS.Com - Asparagus, dengan segala keanggunan dan khasiatnya, telah lama dihargai dalam dunia kuliner dan kesehatan.
 
Dengan cita rasa yang unik dan tekstur yang lembut, asparagus tidak hanya menambah kelezatan hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.
 
Kamu dapat menemukan asparagus di berbagai supermarket. Jenis sayuran ini paling sering dimasak menjadi sup atau sebagai makanan pendamping saat mengonsumsi steak.
 
Dengan kandungan kalorinya yang cukup rendah, sayuran ini cocok menjadi makanan yang dapat membuat berat badan menjadi lebih ideal dan menghindarkan seseorang dari obesitas.
 
Asparagus menjadi sayuran yang menyehatkan karena kaya kandungan nutrisi seperti serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan berbagai mineral seperti fosfor, kalium, dan folat.
 
Untuk mendapatkan manfaat asparagus secara penuh, kamu dianjurkan untuk mencari asparagus yang masih dalam keadaan segar, memasaknya tidak terlalu matang, dan tidak mencampurkan terlalu banyak bahan tambahan.
 
Berikut macam-macam manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh, seperti disadur dari Healthline, Sabtu (4/11/2023).
 

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

 
1. Membantu Mencegah Alzheimer
 
Alzheimer merupakan penyakit yang dapat menghilangkan memori yang dimiliki oleh pengidapnya. Tidak ada gejala khusus munculnya penyakit ini, tetapi saat orang terkena Alzheimer, mereka akan kesulitan untuk mengingat sesuatu.
 
Untuk membantu mencegah Alzheimer, kamu disarankan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin K, satu di antaranya adalah asparagus.
 
Asparagus kaya vitamin K yang dapat membantu mengurangi risiko kerusakan kognitif pada otak dan mencegah kerusakaan neuron yang merupakan penyebab munculnya Alzheimer.
 
Mengonsumsi asparagus dengan rutin dapat juga menjaga kesehatan otak secara keseluruhan. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau sebagai makanan pendamping steak.
 
2. Menyehatkan Sistem Pencernaan
 
Mengonsumsi asparagus dapat membantumu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal itu tidak lepas dari kandungan vitamin C dan serat pada asparagus.
 
Sistem pencernaan yang sehat biasanya membutuhkan asupan makanan yang kaya kandungan serat agar sistem pencernaan bekerja dengan normal dan semestinya.
 
Kandungan serat tidak larut yang tinggi pada asparagus dapat membantu memperlancar buang air besar sehingga menghindarkan kamu dari sembelit.
 
Selain itu, kandungan serat larut pada asparagus dapat berguna sebagai makanan bakteri baik di dalam usus, yang dapat melawan bakteri jahat penyebab masalah pada pencernaan.
 

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

 
3. Mengobati Diabetes
 
Asparagus kaya kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, folat, dan serat. Selain itu, sayuran ini kaya kromium, satu di antara jenis mineral yang dapat membantu kerja insulin.
 
Kromium yang terkandung dalam asparagus dapat membantu insulin untuk mengangkat kelebihan gula pada aliran darah dan memindahkannya ke dalam sel tubuh.
 
Dengan hal itu, mengonsumsi asparagus secara rutin dapat membantu pengidap diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam darah, yang merupakan faktor utama munculnya penyakit ini.
 
4. Menjaga Kesehatan Kehamilan
 
Menjaga kesehatan kehamilan merupakan hal yang harus selalu dilakukan ibu hamil setiap saat agar bayi yang ada di dalam kandungan juga tetap terjaga kesehatannya.
 
Satu di antara cara menjaga kesehatan kehamilan dapat dengan cara mengonsumsi asparagus. Hal itu karena sayuran ini mengandung vitamin B9 atau asam folat yang berguna bagi janin dan sang ibu.
 
Asam folat dalam asparagus bekerja cukup efektif menjaga kesehatan janin dalam kandungan pada masa awal kehamilan.
 
Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat membantu pembentukan sel darah merah dan melindungi bayi dari kelainan saraf.
 

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

 
5. Menurunkan Berat Badan
 
Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, mereka akan cenderung mengonsumsi makanan penuh nutrisi, satu di antara makanan yang perlu dimasukan ke daftar menu diet adalah asparagus.
 
Asparagus telah terbukti cukup efektif membantu menurunkan berat badan karena sayuran satu ini memiliki kalori yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.
 
Serat yang terkandung dalam asparagus dapat membantu perut untuk merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi mengonsumsi makanan berlebihan.
 
Kamu dapat mengonsumsi asparagus yang dicampurkan ke dalam salad, mencampurkannya ke sup, atau membuatnya sebagai smoothie.
 
6. Menjaga Kesehatan Mata
 
Manfaat lain dari mengonsumsi asparagus secara rutin adalah dapat menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A dan antioksidan di dalamnya.
 
Antioksidan pada asparagus dapat membantu menjaga kornea mata dari kerusakan yang diakibatkan paparan radikal bebas. Selain itu, asupan vitamin A dapat menghindarkan mata dari masalah yang berkaitan dengan usia.
Sumber: Healthline

Post a Comment

0 Comments