Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Melihat Sosok Mayor Teddy Ajudan Prabowo Subianto

 

Teddy Indra Wijaya pengawal Prabowo Subianto.@NTB satu


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Mayor Teddy atau Mayor Inf Teddy Indra Wijaya menuai perhatian usai kerap tersorot saat mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto. Mayor Teddy merupakan ajudan Menhan Prabowo sejak 2020.
 
Salah satu sorotan publik yang ramai adalah kemunculan dirinya dalam Debat Pilpres yang pertama pada Desember 2023 lalu. Pasalnya, Mayor Teddy merupakan prajurit TNI, tapi terlihat mengenakan kemeja biru yang senada dengan tim sukses pemenangan Prabowo.
 
Untuk diketahui, bahwa TNI dan Polri terikat dalam beberapa norma hukum yang secara eksplisit mengatur netralitas dalam konteks pemilu dan pemilihan (pilkada). Berdasarkan Pasal 280 ayat [3] UU Pemilu 7/2017, anggota TNI dan Polri dilarang ikut sebagai pelaksana dan tim kampanye.
 
TNI dan Polri juga dilarang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu, pelaksana dan tim kampanye sesuai Pasal 306 UU Pemilu dan Pasal 71 ayat (1) UU Pemilihan Nomor 10 Tahun 2016.
 
Selain itu, anggota TNI dan Polri juga tidak menggunakan haknya untuk memilih sesuai ketentuan Pasal 200 UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, sebagaimana dikutip dari laman Bawaslu.
 
Sementara itu, merespons kehadiran Mayor Teddy yang tuai kontroversi, Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono menegaskan bahwa kehadiran Mayor Teddy tidak mewakili institusi TNI dan kepentingan pribadi.
 
Dia mengatakan bahwa Mayor Teddy menghadiri debat capres hanya untuk menjalankan tugasnya sebagai ajudan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).
 
"Dia hanya ajudan yang menjalankan tugas mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi," kata Julius Widjojono dalam detikNews.
 
Terlepas dari sorotan yang pernah terjadi, sebenarnya seperti apa profil dari Mayor Teddy, terutama pendidikannya? Berikut ini informasinya yang dirangkum dari CNN Indonesia, situs SMA Taruna Nusantara, dan TNI.



Mayor Teddy. @Tribun Kalimantan


Pendidikan Mayor Teddy

  1. 1. SMA Taruna Nusantara
  2. 2. Akademi Militer
  3. 3. Ranger School (US Army)

    Ranger School adalah program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat AS untuk menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75.
 
Perwira TNI AD di Indonesia yang berhasil lulus Ranger School seperti Mayor Teddy, antara lain:
- Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
- Letjen (Purn) Hotmangaraja Panjaitan
- Letjen (Purn) Nugroho Widyatomo
- Letjen (Purn) Syaiful Rizal, dan beberapa perwira muda lainnya.

Karier Militer


1. Jebolan Akademi Militer tahun 2011

2. Saat berpangkat Letnan Satu (Lettu), terpilih menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi pada 2014 hingga 2019

3.Saat berpangkat Kapten berhasil meraih tab ranger, yang menandakan ia berhasil meraih kualifikasi Pasukan Elite US Army Ranger di Ranger School.

   Dalam Ranger School yang diikuti Mayor Teddy, terdapat 412 siswa US Army dan 6 siswa negara asing (Jerman, Ukraina, Indonesia, Arab Saudi, Kanada, Belanda).

    Mereka dites meliputi kemampuan individual dalam fisik, navigasi darat, Ranger Tactical Test yang diuji dalam tahap RAP Week, serta penilaian Leadership in Patrol, Peer evaluation.\

   Siswa yang tidak memenuhi standar akan langsung di drop/dikeluarkan pada setiap harinya, recycle atau mengulang tahap sebelumnya, ataupun mengulang dari hari pertama yaitu Day 0.


4. Menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, AS pada November 2019. Saat lulus, dia berhasil memperoleh predikat International Honor Graduate di antara 185 siswa (171 perwira Amerika dan 14 perwira asing).

    Tidak hanya itu, dia dianugerahi Commandant List Award (20% teratas bidang Akademik) dan Gold APFT (Army Physical Fitness Test dengan nilai sempurna 100%).


5. Perwira dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus)


6. Menjadi ajudan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Sumber : detikedu

Post a Comment

0 Comments