Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pilgub Sumut, PDIP Lebih Mendukung Edy Rahmayadi ketimbang Bobby

 

Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution (Foto: Dok. Kominfo sumut)



MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Nama Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution menguat menjadi calon gubernur menjelang Pilgub Sumut 2024. Edy sendiri sejauh ini lebih berpeluang diusung PDIP dibandingkan Bobby.
 
Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Aswan Jaya mengatakan Pilkada serentak sudah mulai dibahas di internal partai. Koordinasi di tingkat nasional soal rekrutmen calon kepala daerah sudah mulai berlangsung.
 
"Di tingkat nasional itu baru tingkat koordinasi untuk menentukan mekanisme rekrutmen cakada atau calon kepala daerah beberapa hari yang lalu," kata Aswan Jaya kepada detikSumut, Rabu (20/3/2024).
 
Dalam konteks Pilgub Sumut 2024, PDIP disebut memiliki sejumlah kader yang dinilai pantas bertarung. Mulai dari Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon hingga pemilik suara terbanyak DPR RI dari dapil Sumut I, Sofyan Tan.
 
"Banyak kalau di PDI Perjuangan, ada Rapidin Simbolon yang baru terpilih DPR RI ini membuktikan kalau beliu berprestasi, kursi DPRD provinsi naik sehingga membuka ruang untuk beliau, ada Sutarto sekretaris partai, ada Sofyan Tan yang suaranya terbanyak kan, Bane Raja Manalu, Sihar Sitorus yang juga terpilih patut untuk dipertimbangkan," ucapnya.
 
Saat disinggung soal peluang PDIP mengusung Bobby di Pilgub Sumut, Aswan menyebutkan jika peluang itu tipis. Hal itu disebabkan manuver politik keluar Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2024.
 
"Kalau peluang ada saja, cuman untuk kasus Bobby ini pertimbangannya begitu rumit, disebabkan oleh peristiwa-peristiwa Pilpres dan pemilihan yang lalu ini, itu membuat peluang Bobby bersama PDI Perjuangan tipis lah," sebutnya.
 
Selain itu, Aswan Jaya menuturkan jika PDIP menjalin komunikasi yang baik dengan Edy Rahmayadi sejak masih menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). Aswan menilai jika PDIP berpeluang berkoalisi dengan Edy di Pilgub Sumut 2024.
 
"Komunikasi PDI Perjuangan dengan Pak Edy Rahmayadi semasa dia menjadi gubernur cukup baik dan bagus, baik dia komunikasi formal maupun informal, antar legislatif maupun eksekutif baik-baik saja, saya pikir komunikasi itu masih terus berjalan dan peluang itu masih tetap ada untuk bisa bersama," tutupnya.
 
Sebelumnya diberitakan, Bobby Nasution menyatakan kesiapannya untuk bertarung pada kontestasi Pilgub Sumut 2024. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan maju jika mendapat dukungan partai politik.
 
"Ya kalau didukung ya saya siap," kata Bobby di Medan Senin (18/3/2024).
 
Meski begitu dia belum terlalu memikirkan hal tersebut. Dia beralasan tengah fokus terhadap tugasnya sebagai Wali Kota Medan.
 
"Kalau misalnya ditanya persiapannya apa? nah partai itu kan mendukung karena kinerja, jadi kerja dulu aja," lanjutnya.
 
Selain itu, Edy Rahmayadi juga sudah menyatakan sikap untuk kembali mencalonkan diri di Pilgub Sumut 2024. Selain keduanya, ada juga nama Ketua DPD I Golkar Sumut Musa Rajekshah alias Ijeck yang masuk bursa calon Gubsu.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments