Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Puluhan Jemaat Gereja di Nias Keracunan Usai Ibadah Paskah

 

Jemaat gereja di Nias dirawat usai alami keracunan makanan saat ibadah paskah. (Dok Polsek Hiliduho)


MAJALAHJURNALIS.Com (Nias) - Puluhan jemaat gereja di Kecamatan Huliduho, Kabupaten Nias, Sumatera Utara (Sumut) mengalami keracunan makanan saat kebaktian paskah. Kini, polisi masih menyelidiki persoalan tersebut.
 
Kapolsek Hiliduho AKP Sonifati Zalukhu mengatakan Informasi itu didapat pada Minggu (31/3/2024). Warga jemaat mengalami keracunan usai mengkonsumsi makanan oleh panitia kebaktian.


"Ada 38 jemaat Gereja BNKP Dima Resort 27 yang keracunan makanan. Itu setelah mereka mengkonsumsi makanan yang disediakan panitia kebaktian untuk perayaan paskah," kata Sonifati, Senin (1/4/2024).
 
Berdasarkan keterangan panitia, makanan yang disediakan dipesan 100 kotak nasi dari salah satu penyedia makanan di Desa Dahana Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli.
 
"Jemaat yang menyantap makanan itu merasa mual, pusing, dan mencret, sehingga 34 orang dirawat di Puskesmas Hiliduho dan 4 orang di RS Thomsen Nias," ujarnya.
 
Meski begitu, sejak Senin pagi tadi ada 26 orang yang dirawat di puskesmas sudah dipulangkan dan dinyatakan sembuh. Sedangkan 8 orang masa pemulihan, 4 orang dirawat.
 
Sementara untuk jemaat yang dirawat di rumah sakit tinggal satu orang dan tiga orang lainnya telah sembuh. Ia menyampaikan sejumlah saksi telah diperiksa, termasuk panitia.
 
Tim penyidik juga telah mendatangi tempat penyedia makanan. Sampel dari makanan dan air di lokasi diambil untuk diserahkan ke Dinas Kesehatan Sumut agar dilakukan uji laboratorium.
 
"Harapannya, pemeriksaan laboratorium itu dapat menjadi petunjuk untuk mengungkap penyebab kejadian itu," tutupnya.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments