Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

800.000 Peserta Diterima Kartu Prakerja Gelombang 18 Telah Diumumkan

 

Jokowi Kartu Prakerja. ©2019 Merdeka.com

MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO) mencatat sebanyak 800.000 orang lolos menjadi peserta Kartu Prakerja gelombang 18. Pemberitahuan disampaikan melalui pesan singkat (SMS) dan bisa dicek melalui dashboard setiap peserta.

"Siang ini jam 15.00 WIB kami mulai mengirimkan SMS pemberitahuan kepada 800.000 orang yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja gelombang 18. Notifikasi ini juga dapat dilihat di dashboard setiap peserta," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Liputan6.com, Selasa (24/8/2021).

Sering dengan hal tersebut, PMO juga sudah mulai mengirimkan saldo pelatihan sebesar Rp 1 juta secara bertahap yang dapat digunakan oleh peserta untuk membeli pelatihan. "Saldo pelatihan sebesar 1 juta Rupiah mulai kami kirimkan ke rekening virtual dan prosesnya akan memakan waktu. Karena itu para peserta yang lolos seleksi harap memeriksa dashboard secara berkala," ujarnya.

Louisa menjelaskan saldo pelatihan ini dapat digunakan untuk membeli pelatihan, bentuknya adalah 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja secara online.

Adapun pendaftaran gelombang 18 Kartu Prakerja dibuka pada 16 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB. Kemudian, pendaftaran resmi ditutup pada Kamis 19 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB.

Cara Mengecek Kelolosan

Berikut cara cek kelolosan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18:

1. Dashboard Prakerja

Calon peserta secara berkala dapat memantau dashboard di laman Kartu Prakerja dengan log in menggunakan akun masing-masing.

Jika dinyatakan lolos, calon peserta bisa melihat nomor Kartu Prakerja dan muncul status saldo pada dashboard akun.

Untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, pendaftar perlu menonton 3 video yang telah disediakan. Video tersebut berisi informasi dasar terkait Kartu Prakerja, seperti arahan mengenali tantangan di dunia kerja hingga penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

2. Cek SMS

Calon peserta juga bisa mengecek kepastian lolos atau tidaknya pendaftaran via SMS. Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada pendaftar yang dinyatakan lolos.

Notifikasi SMS tersebut akan dikirimkan ke nomor telepon yang digunakan saat membuat akun. Oleh karenanya, pastikan nomor yang telah dimasukan saat mendaftar telah benar dan masih aktif.

SMS nantinya akan diberikan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka bisa mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada. 

(Sumber: Liputan6/bim-Merdeka.com)

Post a Comment

0 Comments