Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemko Medan Perbaiki Infrastruktur disejumlah Titik

 

Bobby Nasution Berkantor di Kantor Camat Helvetia. ©2021 Istimewa


MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Dalam rangka mempercepat perbaikan infrastruktur, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengalokasikan dana sebesar Rp1 triliun untuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) pada tahun anggaran 2022.

Infrastruktur sendiri merupakan salah satu program prioritas yang saat ini tengah digenjot oleh Walikota Medan Bobby Nasution yang ditargetkan selesai dalam dua tahun ini.

"Untuk fisik di PU (Dinas Pekerjaan Umum) yang anggaran ditambah sampai Rp 1 triliun," kata Bobby pada Senin (20/9/2021).

Dengan anggaran ini, sejumlah titik di Kota Medan akan segera dilakukan perbaikan, di antaranya revitalisasi Lapangan Medan dan normalisasi tiga sungai besar di kota ini, yakni Sungai Bedera, Babura dan Sungai Deli.

Melansir dari Antara, berikut informasi selengkapnya.

Revitalisasi Lapangan Merdeka

Lapangan Merdeka Medan akan direvitalisasi menjadi cagar budaya dan ruang terbuka hijau (RTH). Biaya yang dipakai untuk revitalisasi ini sebesar Rp174 miliar.

"Untuk revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi lebih bagus, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 174 miliar," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Benny Iskandar pada Senin (20/9/2021).

Rencana revitalisasi ini pun mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang nantinya akan membantu memberikan dana sekitar Rp100 miliar untuk revitalisasi tersebut. Revitalisasi ini direncanakan akan dilaksanakan mulai Januari 2022.

Normalisasi 3 Sungai

Selain revitalisasi Lapangan Merdeka, tiga sungai di Kota Medan, yakni Sungai Bedera, Sungai Babura dan Sungai Deli, akan dilakukan normalisasi.

Normalisasi sungai ini sebagai upaya untuk mengatasi masalah banjir yang masih menjadi pekerjaan rumah paling besar Pemkot Medan.

Untuk normalisasi Sungai Bedera sendiri, dana yang dibutuhkan sebesar Rp 71,8 miliar. Sedangkan untuk pembebasan lahan di sekitar Sungai Babura akan menghabiskan dana Rp1,3 triliun. Kemudian untuk pembenahan Sungai Deli memakan dana sebesar Rp180 miliar lebih.

Kendala Kerja Dinas PU

Bobby mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya untuk perbaikan infrastruktur, salah satu faktor yang mempengaruhi hasil kerja Dinas PU adalah cuaca. Di mana menjelang akhir tahun biasanya sudah masuk musim hujan.

Di sisi lain, percepatan tender dan pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mempercepat penyerapan anggaran.

"Biar anggaran terealisasi dengan cepat, bulan 9 faktor cuaca mempengaruhi kerja di PU, juga mempercepat realisasi anggaran, bulan 9 gak boleh kerja lagi tahun depan, itu upaya kita," ujarnya.

(Sumber : Merdeka.com)

Post a Comment

0 Comments