Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Posisi Ruku Dalam Salat Hukumnya Wajib dan Harus Disertai dengan Thuma'ninah

 

ilustrasi sholat. soundvision.com


MAJALAHJURNALIS.Com - Bacaan ruku latin akan sangat membantu Anda untuk menghafal dan memahaminya lebih cepat. Ruku sendiri memiliki arti membungkukkan badan. Posisi ruku dalam salat hukumnya wajib dan harus disertai dengan Thuma'ninah.
 
Berbicara soal ruku, Madzhab Syafi'iy menggunakan dalil shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim berbunyi:
 
Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu mengenai orang yang sholatnya dianggap buruk, bahwa Nabi SAW bersabda kepadanya: kemudian Ruku’lah hingga Thuma’ninah dalam keadaan ruku’. (HR. Bukhari & Muslim).
 
Dirangkum dari beragam sumber, berikut adalah bacaan ruku latin lengkap dengan Arab serta syarat-syaratnya, Jumat (16/12/2022).
 
Syarat-Syarat Ruku
 
Ada beberapa syarat yang harus dilakukan seorang muslim sebelum memahami bacaan ruku latin. Berikut adalah tiga syarat ruku yang harus dijalankan ketika menunaikan ibadan salat:
 
1. Menundukkan Tubuh
Pertama, syarat rukuk yang perlu dilakukan adalah menundukkan tubuh 90 derajat. Lalu disusulkan dengan gerakan dua telapak tangan memegang lutut sembari mengucapkan bacaan doa ruku.
 
2. Niat dalam Melaksanakan Gerakan Ruku
Gerakan ruku sendiri bukan dilakukan atas unsur ketidaksengajaan. Sehingga sebelumnya sudah diniatkan untuk melakukan gerakan ruku. Tak ada niatan lain yang mendasari seseorang untuk melakukan gerakan ruku selain mengharap ridho serta berkah dari Allah SWT.
 
3. Tuma'ninah
Syarat yang ketiga ialah melakukan gerakan rukuk dengan tuma'ninah. Tuma'ninah merupakan sikap tenang dan khusyuk dalam salat. Minimal, tuma'ninah ini dilakukan hingga bacaan ruku selesai dilafalkan.
 
Tata Cara Ruku
Dalam melaksanakan salat, ada baiknya Anda dengan seksama memperhatikan tiap gerakannya secara detail. Hal itu supaya kita bisa melaksanakan salat dengan sebaik-baiknya.
 
Salah satu gerakan yang perlu diperhatikan adalah ruku, walau terlihat sederhana dalam posisi badan membungkuk namun ada tata cara yang baik dan juga benar. Usai membaca surat lalu mengangkat kedua tangan setinggi-tingginya seraya membaca 'Allahu Akbar'
 
Dan dilanjutkan dengan badan membungkuk, kedua tangan memegang lutut dan ditekankan antara punggung dan kepala supaya rata. Berikut adalah langkah selengkapnya:
 
1. Angkat tangan sambil mengucapkan takbir, caranya sama seperti takbiratulihram
2. Turunkan badan ke posisi membungkuk
3. Kedua tangan menggenggam lutut, tidak pada paha
4. Jari-jari tangan direnggangkan, posisi tangan lurus siku tidak di tekuk
5. Punggung dan kepala sejajar atau dalam posisi mendatar, tidak terlalu condong ke bawah atau condong ke atas.
6. Kaki tegak lurus, lutut tidak ditekuk
7. Pinggang direnggangkan dari paha
8. Pandangan lurus ke tempat sujud
 
Bacaan Ruku Latin dan Arab lengkap dengan Arti
 
Apabila sudah memahami tata cara ruku secara benar, Anda bisa mulai mengetahui bacaan ruku latin dan Arab yang lengkap dengan artinya. Jangan lupa untuk selalu membacanya dengan benar ketika dalam posisi ruku. Berikut adalah bacaan rukunya:
 
سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
Subhana rabbiyal 'adhimi wa bihamdihi.
 
Artinya: “ Maha Suci Rabbku yang maha Agung dan maha terpuji.”
 
Tak hanya doa ini, ada bacaan doa ruku lain yang juga sempat dibaca oleh Nabi Muhammad SAW saat hendak menjalankan salat. Hal ini dijelaskan oleh Sayyidina Aisyah dan doa ruku yang dibaca ialah:
 
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى
Subhanakallahuma rabbana wa bi hamdik. Allahummaghfir li.
 
Artinya: “ Maha Suci Engkau, Ya Allah, Tuhan kami. Segala puji bagi-Mu wahai Tuhanku. Ampunilah dosaku."
 
Lalu dari Sayyidina Aisyah ra pernah juga melihat dan mendengar Nabi Muhammad SAW membaca doa ruku yang bunyinya seperti:
 
سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوحِ
Subbuhun quddusun rabbul mala'ikati war ruh.
 
Artinya: “ Maha bersih dan maha suci (Engkau), Tuhan malaikat dan roh (malaikat besar/Jibril/makhluk lain yang tidak terlihat oleh malaikat)."
 
Hadist tentang Ruku
 
Perlu dipahami jika ruku merupakan bagian dari rukun salat yang sudah seharusnya dilakukan dengan baik dan benar. Itu semua akan merujuk pada sah atau tidaknya salat. Sebagaimana telah disebutkan dalam firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 77 dengan bunyi:
 
يٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُواارْكَعُوْاوَاسْجُدُوْاوَاعْبُدُوْارَبَّكُمْوَافْعَلُواالْخَيْرَلَعَلَّكُمْتُفْلِحُوْنَۚ۩
 
Artinya:
“ Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kamu beruntung.” (QS. Al-Hajj: 77).
 
Itu tadi merupakan ulasan lengkap dari bacaan ruku latin lengkap dengan Arabnya serta arti yang bisa Anda pahami. Semoga rangkuman tersebut bisa menambah ilmu dan iman Anda sebagai seorang kaum muslim.
 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments