Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tata Cara Niat Jamak Maghrib dan Isya

 

Ilustrasi Sholat. ©2021 Merdeka.com/pexels-tima-miroshnichenko


MAJALAHJURNALIS.Com - Salat lima waktu merupakan salat yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim. Ini adalah amalan utama yang khas dari seorang muslim untuk menegakkan bangunan Islam dalam hidupnya.
 
Meski menjadi ibadah yang wajib hukumnya, Allah SWT tetap memberikan keringanan bagi manusia ketika mereka sedang dalam kondisi yang sulit untuk mengerjakan salat fardu tepat waktu. Keringanan ini sekaligus menjadi bukti kasih sayang Allah SWT dalam memperhatikan kesulitan hambanya.
 
Salah satu keringanan, atau rukhsah yang diberikan Allah SWT kepada manusia adalah diperbolehkannya kita mengerjakan dua salat fardu pada salah satu waktu antara dua salat tersebut. Keringanan ini juga biasa kita kenal dengan salat jamak.
 
Namun, tidak semua salat bisa dijamak. salat yang boleh dijamak adalah hanya salatZuhur dengan salatAsar, dan salat Maghrib dengan salat Isya’.
 
Dalam artikel berikut ini kami akan sampaikan bagaimana bacaan niat jamak Maghrib dan Isya, baik secara taqdim ataupun takhir, yang dikutip dari kapanlagi.com
 
Niat Jamak Maghrib dan Isya
 
Salat jamak dibagi menjadi dua, yaitu taqdim dan takhir. Jamak taqdim yaitu ketika mengerjakan dua salat wajib di waktu salat yang pertama. Sedangkan jamak takhir yaitu ketika mengerjakan dua salat wajib di waktu salat yang kedua.
 
Dalam salat jamak Maghrib dan Isya, jamak taqdim berarti mengerjakan dua salat wajib ini di waktu Maghrib. Sedangkan jamak takhir berarti mengerjakan dua salat wajib Maghrib dan Isya di waktu Isya.
 
Kedua niat jamak Maghrib dan Isya pun juga memiliki bacaan yang berbeda. Berikut adalah bacaan niat jamak Maghrib dan Isya secara taqdim dan takhir.
 
Niat jamak Maghrib dan Isya dengan Jamak Taqdim
 
Ushollii fardhol maghribi tsalaatsa rakaaatin majmuu’an ma’al ‘isyaai jam’a taqdiimin adaa-an lillaahi taaalaa
Artinya: "Aku sengaja salat fardu maghrib 3 rakaat yang dijama dengan isya, dengan jamak taqdim, fardhu karena Allah Taaala."
 
Niat jamak Maghrib dan Isya dengan Jamak Takhir
 
Ushollii fardhol maghribi tsalaatsa rakaatin majmuu'an bil'isya-i jam'a takhirin lillahi ta'alaa.
Artinya: "Saya niat salat fardlu Maghrib tiga rakaat dijamak bersama Isya dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala."
 
Tata Cara Sholat Jamak Maghrib dan Isya
 
Menjamak salat Magrib dan Isya dengan Jamak Taqdim, Jamak Taqdim adalah salat jamak yang menggabungkan dua salat dengan mengerjakannya di waktu salat yang pertama. Jadi, Anda akan mengerjakan salat jamak Maghrib dan Isya di waktu Maghrib. Caranya dengan mendahulukan salat yang pertama yakni salat Maghrib.
 
Adapun cara menjamak salat Maghrib dan Isya dengan Jamak Taqdim adalah sebagai berikut:
  1. Membaca niat jamak Maghrib dan Isya dengan jamak taqdim
  2. Mengerjakan salat Maghrib seperti biasa yang didahului dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam
  3. Langsung dilanjut menjalankan salat Isya empat rakaat. Adapun bacaan niat dalam cara menjamak salat Maghrib dan Isya adalah sebagai berikut:  Ushollii fardhol ‘isyaai arba’a rakaaatin majmuu’an ma’al maghribi jam’a taqdiimin adaa-an lillaahi taaalaa. Artinya: "Aku berniat salat Isya’ empat rakaat dijamak dengan magrib, dengan jamak taqdim, fardhu karena Allah Taaala."
 
Menjamak Salat Maghrib dan Isya dengan Jamak Takhir
 
Jamak Takhir adalah salat jamak yang menggabungkan dua salat dengan mengerjakannya di waktu salat yang kedua. Jadi, Anda akan mengerjakan salat jamak Maghrib dan Isya di waktu Isya. Caranya dengan mengerjakan salat Maghrib terlebih dulu dengan 3 rakaat. kemudian dilanjutkan salat Isya 4 rakaat.
 
Adapun cara menjamak salat Maghrib dan Isya dengan Jamak Takhir adalah sebagai berikut:
  1. Membaca niat jamak Maghrib dan Isya dengan jamak takhir
  2. Mengerjakan salat Maghrib yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam
  3. Berdiri lagi dan berniat salat yang kedua yaitu Isya dengan niat, Ushollii fardhol 'isya-i arba'a rakaatin majmuu'an bil maghribi jam'a takhirin lillahi ta'alaa. Artinya: "Saya niat salat fardlu Isya empat rakaat dijamak bersama salat Maghrib dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala."
  4. Dilanjutkan takbiratul ihram sampai selesai salat isya 4 rakaat seperti biasa.  

Syarat Melaksanakan Salat Jamak

Ada banyak kondisi yang membuat seorang muslim diperbolehkan untuk menjamak salat. Namun semua kondisi tersebut memiliki satu karakteristik yang sama, yaitu masyaqqah (adanya kesulitan).
 
Misalnya seseorang yang melakukan perjalanan jauh, dan dalam perjalanannya sulit menemukan tempat atau waktu yang pas untuk melaksanakan salat fardu. Atau seorang ibu yang menyusui, dan anaknya terus-menerus menangis sehingga membuat sang ibu kesulitan untuk salat tepat waktu.
 
Selain ada sebab-sebabnya, melaksanakan salat jamak juga harus mematuhi syarat yang ada. Berikut ini ada beberapa syarat-syarat yang harus dipatuhi dalam melaksanakan salat jamak:
  • Bacaan niat salat jamak harus sesuai dengan pengerjaannya.
  • Muwalah atau bersegera. Di antara kedua salat yang digabung atau dijamak, harus langsung dilanjut. Tidak ada pemisah untuk melakukan salat sunah.
  • Masih berstatus sebagai musafir atau masih dalam perjalanan jauh dan belum sampai ke tujuan. Misalnya, ketika sedang takbiratul ihram sampai salat yang kedua Anda masih berada dalam waktu syarat sahnya menjamak salat.
Sumber : Merdeka.com
 
Berita ini juga dimuat di Twitter: @JURNALIS_69

Post a Comment

0 Comments