Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ditjen Pajak Intip Video Viral Ibu-Ibu Arisan Rp 2,5 Miliar di Makasar

 

Viral Emak-emak Sosialita Arisan Dapat Rp 2,5 M, Penampakan Uangnya Jadi Sorotan. ©2023 Merdeka.com/TikTok/@raja_dagang_mamuju


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan bakal mengawasi kepatuhan pajak ibu-ibu sosialita yang menggelar arisan dengan total nilai mencapai Rp 2,5 miliar.
 
Aksi ini dilakukan pasca beredarnya video viral soal arisan ibu-ibu di Makassar dengan jumlah uang terkumpul mencapai Rp 2,5 miliar.
 
Secara aturan, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu Dwi Astuti menilai, uang arisan bukan termasuk sebagai objek pajak penghasilan (PPh).
 
"Sekarang kalau arisan, kumpulin uang, misal kemarin Rp100 juta 25 orang jadi Rp 2,5 M. Yang kita terima tetap Rp 2,5 M. Ada tambahan kemampuan ekonomis enggak? Enggak ada kan. Tetap saja karena yang dapat duluan oke aja. Tapi yang berikutnya Rp 2,5 M juga," bebernya di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Jakarta, Selasa (23/5/2023).
 
"Pada akhirnya, sampai 25 kali dia mengeluarkan Rp 2,5 M. Itu kan sama saja seperti nabung tanpa bunga. Jadi intinya, dari sisi arisan itu sebetulnya bukan objek pajak penghasilan," ujar dia.
 
Namun, wanita yang akrab disapa Ewie ini menambahkan, DJP bakal tetap memantau ibu-ibu sosialita yang terlibat dalam arisan super kaya tersebut. Apakah kelompok yang bersangkutan taat lapor pajak atau tidak.
 
"Tapi, kalau masalah kepatuhan, pastinya teman-teman di Makassar ini kan data. Kita akan lihat siapa, apakah kepatuhan pajaknya sudah benar. Kalau memang ibu-ibu itu pengusaha dan sesuai dengan profil pengusaha, kan boleh-boleh saja ikut arisan," ungkapnya.
 
Untuk itu, Ewie menyatakan, Direktorat Jenderal Pajak pasti akan melihat semua data yang disampaikan masyarakat. Bila memang ibu-ibu tersebut sudah baik kepatuhan membayar pajaknya dan sesuai profil sebagai seorang wajib pajak, maka arisan viral itu tidak masalah.
 
"Tapi kalau ternyata tidak sesuai dengan profilnya, tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegas Ewie.
Sumber: Liputan6.com/Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments