Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hakim Garis Kontroversial, Gagalkan Gol Kedua Indonesia vs Timor Leste

 

Momen selebrasi Ramadhan Sananta usai cetak gol untuk Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2023 (c) Dok. PSSI


MAJALAHJURNALIS.Com (Thailand) - Timnas Indonesia U-23 menang tipis atas Timor Leste U-23 di laga kedua Grup B Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Minggu (20/08/2023) malam WIB.
 
Timnas Indonesia U-23 bertekad menang di laga ini setelah sebelumnya dikalahkan Malaysia. Namun demikian laga ini tak berjalan mudah bagi asuhan Shin Tae-yong tersebut.
 
Timor Leste sempat menghadirkan beberapa ancaman ke pertahanan Indonesia. Namun pada akhirnya Merah Putih bisa berbalik menguasai laga.
 
Timnas Indonesia bisa mencetak satu gol melalui Ramadhan Sananta. Merah Putih kemudian mendapat sejumlah peluang lagi di babak kedua. Sayangnya mereka tak mampu menuntaskan kans-kans itu menjadi gol.
 
Laga Indonesia vs Timor Leste ini sendiri menghadirkan sejumlah momen menarik di atas lapangan, yang mungkin luput dari pengamatan Anda Bolaneters. Apa saja tuh?
 
Kok Nggak Penalti?
 
Pada menit ke-11, Indonesia U-23 menekan pertahanan Timor Leste. Merah Putih mencoba melakukan penetrasi melalui Abdul Rahman.
 
Ia bergerak memotong masuk dari kanan ke tengah kotak penalti. Satu lawan coba mengadangnya.
 
Sang lawan melakukan tekel tapi tak sempurna dan terlihat membuat Abdul Rahman terjatuh di dalam kotak penalti. Tapi wasit menganggap tak ada pelanggaran terjadi.
 
Tarian Kelly Sroyer
 
Pada menit ke-24, Indonesia U-23 mencoba menekan pertahanan Timor Leste lagi. Kali ini Merah Putih menyerang melalui Kelly Sroyer.
 
Ia bergerak di area halfspace kiri di depan kotak penalti lawan. Namun ada tiga lawan yang coba menghentikannya.
 
Namun Kelly dengan cerdik mampu bergerak memutar-mutar menghindari kejaran lawan dan berbalik masuk ke kotak penalti dengan kecepatan larinya sebelum akhirnya memberikan umpan matang pada Ramadhan Sananta. Sayangnya peluang tersebut gagal dimaksimalkan Sananta.
 
Peluang Emas Beckham
 
Pada menit ke-39, Indonesiau-23 kembali menekan pertahanan Timor Leste. Kali ini dari flank kiri.
 
Frengky Missa bisa mengirim umpan silang meski diganggu pemain lawan. Namun bola tak bisa dihentikan pertahanan Timor Leste dan terus melaju ke tiang jauh.
 
Beckham Putra masih bisa mengejar bola dan melepas tembakan sembari meloncat. Sayangnya karena posisinya kurang pas, bola sepakannya meleset dari target.
 
Shin Tae-yong Ngambek
 
Pada menit ke-41 Timnas indonesia U-23 berusaha melancarkan serangan lagi. Namun usaha mereka melalui Ramadhan sananta gagal.
 
Sebab ia terpantau terjebak offside. Saat laga masih terhenti, kamera menyorot pelatih Timnas Indonesia u-23, Shin Tae-yong.
 
Ia terpantau sedang berargumen dengan wasit keempat di pinggir lapangan. Aksi itu berlangsung cukup lama dan pelatih asal Korea Selatan itu tampak menunjukkan rasa kurang puasnya terhadap kepemimpinan wasit.
 
Peluang Emas Ramadhan Sananta
 
Menit ke-48, Timnas Indonesia mendapat peluang emas. Serangan Merah Putih berhasil menembus sisi kiri pertahanan Timor Leste.
 
Bola melambung ke tengah kotak penalti dan dikuasai oleh Ramadhan Sananta. Ia sempat diadang satu pemain lawan.
 
Namun Sananta masih bisa membalikkan badan dan melepas tembakan kaki kiri. Sayangnya bola meleset dari target dan hal tersebut membuat penyerang Persis Solo itu sangat kesal.
 
Peluang Emas Esal
 
Pada menit ke-52, peluang emas didapatkan oleh Esal. Ia mengadang satu bek Timor Leste yang mencoba membawa bola keluar dari area lini belakang.
 
Esal kemudian bisa mencuri bola tersebut. Ia kemudian masuk ke dalam kotak penalti.
 
Esal kemudian melepas tembakan kaki kiri. Namun peluang itu masih bisa dimentahkan kiper Timor Leste. Sayang sekali.
 
Shin Tae-yong Dikartu Kuning
 
Menit ke-51, pertandingan sempat terhenti sementara. Wasit utama kemudian berlari ke pinggir lapangan.
 
Ia kemudian mengeluarkan kartu kuning. Ternyata hukuman itu diberikan pada Shin Tae-yong.
 
STY sendiri tampak terus mengomel saat itu. Wasit keempat coba menenangkannya tapi masih belum berhasil membuatnya meredakan emosinya.
Sananta Buang Peluang Lagi
 
Pada menit ke-67, Timnas Indonesia U-23 mendapat peluang apik. Jeam Kelly Sroyer bisa menembus pertahanan kiri Timor Leste.
 
Ia masuk ke kotak penalti. Sroyer kemudian mengirim umpan silang ke tiang jauh.
Di sana ada Ramadhan Sananta yang bisa menanduk bola dengan bebas. Namun bola sundulannya meleset tipis ke sisi kiri gawang.
 
Sananta Bad Day
 
Menit ke-70 Indonesia U-23 bisa menyerang dari sisi kanan lagi. Kali ini melalui Bagas Kaffa.
 
Bagas kemudian mengirim bola datar ke tiang jauh. Di sana Ramadhan Sananta berdiri dengan bebas.
 
Ia menendang bola dengan leluasa. Tapi, peluang itu lagi-lagi dibuangnya dengan percuma. Bola sepakan kaki kanannya meleset tipis ke sisi kiri gawang.
 
Sepertinya ini bad day alias bukan harinya Ramadhan Sananta.
 
Hakim Garis Kontroversal
 
Pada menit ke-79, Timnas Indonesia U-23 kembali menekan pertahanan Timor Leste. Backham Putra mengirim bola umpan silang dari depan gawang di hafspace kanan.
 
Bola diarahkan kepada Ramadhan Sananta. Ia bisa mengontrol bola dengan baik dan kemudian melepas tembakan ke gawang.
 
Meski terjatuh, bola sepakannya akhirnya masuk ke gawang. Tapi hakim garis secara kontroversial menganulir gol tersebut karena menganggap Sananta sebelumnya berada dalam posisi offside.
 
Hasil dan Jadwal Timnas indonesia U-23

Jumat, 18 Agustus 2023
20.00 WIB - Malaysia 2-1 Indonesia (Fergus Tierney 54' -pen, 62'; Ramadhan Sananta 28')
 
Minggu, 20 Agustus 2023
20.00 WIB - Indonesia 1-0 Timor Leste (Ramadhan Sananta 45')
Sumber : Bola.net

Post a Comment

0 Comments