Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Shin Tae-yong Mampu Bawa Timnas Indonesia Masuk Piala Asia di 3 Level Berbeda

 

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan keterangan saat konferensi pers menjelang laga FIFA Matchday antara Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)


MAJALAHJURNALIS.Com (Solo) - Timnas Indonesia U-23 berhasil mencatatkan sejarah baru. Skuat Garuda Nusantara memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.
 
Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada tahun depan. Sebagai persiapan, AFC selaku konfederasi sepak bola Asia menggelar babak kualifikasi.
 
Timnas Indonesia U-23 sendiri tergabung di grup K. Anak asuh Shin Tae-yong itu bersaing dengan Timnas Chinese Taipei dan Timnas Turkmenistan U-23 untuk memperebutkan satu tiket lolos ke putaran final.
 
Rekor Fantastis Ditorehkan Shin Tae-yong
 
Rekor fantastis ditorehkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Sebab, pria asal Korea Selatan itu mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia pada tiga level yang berbeda.
 
Shin Tae-yong baru saja membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sukses itu didapat usai Rizky Ridho dan kolega menjadi juara Grup K babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.
 
Indonesia memenangkan dua laga yang dimainkan di Grup. Tanpa kesulitan yang berarti, Indonesia menang 9-0 atas Chinese Taipei pada matchday pertama. Lalu, menang 2-0 atas Turkmenistan pada matchday kedua.
 
Sebelum membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2024 Qatar, Shin Tae-yong lebih dulu membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 dan level senior.
 
Piala Asia U-20 2023
 
Indonesia memulai perjuangan tampil di Piala Asia U-20 lewat babak kualifikasi. Garuda Muda berada di Grup F, bersama Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste.
 
Indonesia menjadi tuan rumah Grup F, dengan semua laga dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo.
 
Indonesia menjadi juara Grup F. Hokky Caraka dan kolega menang 4-0 atas Timor Leste, 5-1 atas Hongkong, dan 3-2 lawan Vietnam.
 
Piala Asia U-20 2023 digelar pada Maret lalu. Indonesia berada di Grup A, bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah, dan Irak. Indonesia mampu mendapat empat poin, tetapi gagal lolos fase grup karena kalah selisih gol dari Irak.
 
Piala Asia 2023 di Qatar
 
Perjuangan Indonesia untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sangat tak mudah. Skuad Garuda harus berjuang dari babak play-off, ketika menang 5-1 atas Chinese Taipe.
 
Lalu, pada babak kualifikasi ronde ketiga, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Grup yang sangat sulit bagi Indonesia.
 
Indonesia gagal menjadi juara Grup A, kalah dari Yordania. Namun, Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah jadi satu dari lima runner-up terbaik dengan enam poin.
Piala Asia 2023 Qatar, Indonesia satu grup dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.
 
Sejarah Baru di Piala Asia U-23
 
Shin Tae-yong mengukir sejarah baru bagi sepak bola Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya, Indonesia akan bermain di putaran final Piala Asia U-23. Pada edisi sebelumnya, Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi.
 
Di antara tim ASEAN, Vietnam dan Thailand punya catatan paling mentereng di Piala Asia U-23. Keduanya sudah ambil bagian pada empat edisi. Bahkan, pada edisi 2028, Vietnam di bawah kendali Park Hang-seo mampu melaju hingga babak final.
 
Piala Asia U-23 pertama kali digelar pada 2013 lalu. Ketika itu, Oman tercatat sebagai tuan rumah. Sedangkan, negara pertama yang meraih gelar juara adalah Irak. Pada laga final, Irak menang 1-0 atas Arab Saudi.
 
Start Menjanjikan
 
Dipercaya jadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23 grup K, Indonesia tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Berkandang di Stadion Manahan, Solo, Skuat Garuda tampil apik sejak laga pertama.
 
Di pertandingan pertama, Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Chinese Taipei pada hari Sabtu (9/9/2023). Pada partai pembuka ini, anak asuh Shin Tae-yong tampil dengan perkasa.
 
Mereka berhasil menggulung Chinese Taipei dengan skor telak 9-0. Sehingga kemenangan ini membuat Indonesia sudah satu kaki ke putaran final.
 
Tuntaskan di Solo
 
Pada hari Selasa (12/9/2023), Timnas Indonesia U-23 menjalani partai hidup mati. Pratama Arhan dkk harus menghadapi Turkmenistan U-23 di partai terakhir grup K.
 
Syarat Indonesia untuk lolos ke putaran final cukup mudah. Mereka hanya perlu meraih hasil imbang, karena mereka unggul selisih gol atas Turkmenistan.
 
Namun di partai pamungkas ini, pasukan Shin Tae-yong berhasil memetik kemenangan atas Turkmenistan. Gol Ivar Jenner dan Pratama Arhan membuat Indonesia memetik tiga poin di laga ini.
 
Dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan, Indonesia dipastikan jadi juara grup K dan berhasil lolos ke putaran final.
 
Kali Pertama
 
Kelolosan timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF u-23 2024 ini menjadi catatan yang manis. Karena untuk pertama kalinya Garuda Nusantara bermain di turnamen tersebut.
 
Turnamen ini pertama kali digulirkan pada tahun 2013 silam. Sejak saat itu sudah ada enam edisi Piala AFF U-23 namun Indonesia tidak sekalipun lolos ke putaran final.
 
Terakhir kali Indonesia gagal lolos di edisi tahun 2022 ketika hanya menjadi runner up grup G, di mana Australia yang pada saat itu lolos ke putaran final.
Sumber : Bola.net

Post a Comment

0 Comments