Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

2 Jalan Tol Trans Sumatera Resmi Beroperasi di libur Natal dan Tahun Baru

 

Foto: Potret gerbang Kuala Bingai. (Dok Hutama Karya)

MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Hutama Karya resmi mengoperasikan dua ruas tol di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) secara fungsional. Pengoperasian ini dilakukan selama momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.
 
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa 2 ruas tersebut di antaranya yaitu Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi-Sinaksak.
 
"Untuk Tol Tebing Tinggi-Sinaksak sudah lebih dulu dibuka pada hari Jum'at ini pada jam 14.00 WIB. Sementara untuk Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura dibuka mulai tanggal 23 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 dengan beroperasi 24 jam mulai pukul 07.00 WIB sesuai arahan regulator. Selama fungsional masyarakat sekitar dapat lebih dulu mencoba jalan tol-nya tanpa tarif sebelum nantinya akan dibuka dan ditetapkan tarifnya," ungkap Tjahjo, Jumat (22/12/2023).
 
Perlu diketahui, Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 Km merupakan bagian dari Tol Binjai-Langsa yang akan memangkas waktu tempuh dari Binjai menuju Tanjung Pura yang semula lebih dari 1 jam menjadi hanya 30 menit saja.
 
Ini akan mempermudah akses bagi pengguna jalan tol dari Kuala Bingai yang ingin berkunjung ke daerah Tanjung Pura untuk mengunjungi Kolam Abadi atau Bukit Lawang atau untuk sekedar menikmati Mie Kocok Restu di daerah Tanjung Pura menjadi lebih mudah lagi.
 
Sedangkan untuk Tol Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 48 Km, merupakan bagian dari Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Tol Tebing Tinggi-Sinaksak dapat memangkas waktu yang sebelumnya 1,5 jam menjadi 30 menit saja.
 
Dengan adanya jalan tol ini, akses wisatawan dari daerah Sinaksak yang ingin berlibur ke Danau Laut Tandor dan Bah Bolon Arung Jeram di Tebing Tinggi menjadi lebih mudah lagi, atau untuk masyarakat daerah Tebing Tinggi yang ingin mencoba kuliner Khas Siantar menjadi lebih cepat.
 
"Kami berharap dengan dioperasikannya ruas-ruas fungsional tersebut dapat memperlancar dan mempermudah masyarakat yang ingin menikmati libur akhir tahunnya. Dikarenakan ruas ini merupakan ruas yang baru dibuka kami tetap menghimbau pengguna jalan tol yang akan melintas untuk tetap menyiapkan kartu UE dan melakukan tapping kartu," ujarnya.
 
Selama arus libur Nataru tahun 2023/2024 ini, Hutama Karya mengoperasikan sepanjang 589 km JTTS yang terdiri dari sembilan ruas JTTS yang telah beroperasi dengan tarif.
 
Di antaranya ada Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang-Indralaya (21,93 Km), Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,8 Km), Tol Pekanbaru-Dumai (131 Km), Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 Km), Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) (11 Km), dan Tol Sigli-Banda Aceh (Seulimeum-Blang Bintang) (35,85 Km) serta 2 (dua) ruas tol yang berada di Pulau Jawa yaitu Tol JORR-S (14,25 Km) dan akses Tanjung Priok (11,4 Km).
 
Juga termasuk 5 (lima) ruas yang masih belum bertarif atau gratis yaitu Tol Indralaya-Prabumulih (64,5 Km), Tol Binjai-Langsa (Stabat-Kuala Bingai) (8 Km), Tol Indrapura-Lima Puluh (15 Km), Tol Sigli-Banda Aceh (Blang Bintang-Baitussalam) (12,7 Km) dan Tol Indrapura-Tebing Tinggi (26,23 Km) yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas).
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments