Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hati-Hati!!! Merokok Bagi Perempuan Sangat Membahayakan

 


MAJALAHJURNALIS.Com - World Health Organization (WHO) mencatat setiap tahunnya sekitar 225.700 orang di Indonesia meninggal akibat merokok.
 
Merokok menimbulkan dampak kesehatan yang merugikan baik untuk laki-laki maupun perempuan.
 
Hanya saja perempuan lebih rentan dan harus mendapat perhatian medis yang ekstra, mengingat di dalam rokok mengandung 4.000 jenis bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh. 
 
Bahaya Merokok

Beberapa bahaya merokok yang dapat dialami oleh perempuan, meliputi:

·  Meningkatkan risiko komplikasi kehamilan

Komplikasi kehamilan yang dapat terjadi seperti kehamilan ektopik atau sel telur yang sudah dibuahi tumbuh di luar rahim dan juga meningkatkan risiko keguguran.


·     Meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada janin

Beberapa gangguan kesehatan janin yang terjadi yaitu berat badan lahir yang rendah, paru - paru gagal berkembang dengan baik, cacat lahir seperti sumbing, dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).


·   Menyebabkan kanker

Wanita perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker paru dan kanker serviks.


·  Meningkatkan risiko infertilitas

Merokok bagi wanita membuatnya berisiko mengalami infertilitas atau tidak subur, karena merokok mempengaruhi produksi hormon.


·  Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Wanita yang merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, stroke iskemik, dan perdarahan subaraknoid.


·  Menimbulkan gangguan pencernaan

Merokok dapat mengganggu saluran pencernaan dan secara tidak langsung berkontribusi menyebabkan maag dan meningkatkan refluks asam lambung.

Sumber : Biofarma

Post a Comment

0 Comments