Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Eksprimen Lucu Caleg 2024 Menuju Gedung Senayan

 

Caleg 'Ultraman' Asal Jepara maju jadi calon DPR RI Dapil 2 Jateng. Sosok di balik caleg ini Jamaludin Malik, politikus Golkar. Foto diambil Selasa (5/12/2023). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Beberapa nama calon anggota legislatif (Caleg) diprediksi akan lolos ke DPR maupun DPRD. Mereka melakukan aksi unik saat memasang baliho ataupun foto di kertas suara.
 
Berikut Caleg-celeg yang mengejutkan seperti dirangkum detikcom, Selasa (20/2/2024).
 
Jamaludin Malik Ultaman
 
Salah satu calon legislatif yang mengejutkan adalah Jamaludin Malik. Dia adalah caleg dari Partai Golkar yang mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah II.
 
Jamaludin Malik ramai jadi perbincangan saat memasang baliho dengan foto kostum ultraman. Aksi nyeleneh itu berefek pada perolehan suara Jamal.
 
Berdasarkan pemilu2024.kpu.go.id, dilihat detikcom, Senin (19/2/2024), pukul 16.26 WIB, terlihat Jamaludin caleg Golkar nomor 5 dari daerah pemilihan atau dapil Jawa Tengah II. Tampak dia sampai saat ini mendapatkan suara 71.807.
 
Dia berada di posisi dua caleg Golkar dengan perolehan suara terbanyak. Di atasnya yakni caleg Golkar yang juga Sekretaris TKN Prbaowo-Gibran, Nusron Wahid. Adapun perolehan suara Jamaludin Malik adalah 87.820 suara yang sama-sama dari Partai Golkar.
 
"Jadi situs yang di KPU masih bersifat sementara dan banyak erornya, kayak kemarin yang di Demokrat 81 ribu, padahal ditotal hanya 22 ribu, tapi berikutnya normal ditulis 33 ribu, situs yang ada di KPU belum bisa dibuat jadi acuan, acuan sementara bisa tapi saya tidak yakin validitasnya,"kata Jamaludin Malik dihubungi detikJateng lewat sambungan telepon, Sabtu (17/2/2024).
 
Jamaludin Malik berharap agar Golkar bisa mendapatkan lebih dari dua kursi. Apalagi partainya merupakan pendukung capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.


Komeng


Kocaknya Komeng, Saat Makan Pecel Lele hingga Bakso Kaki Lima Foto: Instagram @komeng.original


Foto calon Anggota DPD RI dari Jawa Barat, Alfiansyah Komeng, di surat suara jadi sorotan karena posenya. Dengan foto bedanya itu, Komeng unggul sebagai caleg DPRD dari Jawa Barat.
 
Dilansir detikJabar, Rabu (14/2/2024), Komeng merupakan caleg DPD nomor 10. Dalam foto itu, Komeng terlihat mengenakan kemeja biru.
 
Komeng tampak berpose dengan ekspresi melotot dan mulut terbuka. Komeng juga terlihat memiringkan kepalanya.
 
KPU Jabar kemudian buka suara. KPU mengatakan foto yang ada di dalam surat suara merupakan kesepakatan KPU dengan calon.
 
"Iya itukan sudah kesepakatan, mereka sepakat, ada dami dulu disetujui dulu. Nggak ada masalah, kemauan sendiri kan sudah disepakati," kata Kordinator Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Hedi Ardia, Rabu (14/2/2024).
 
Komeng menegaskan bahwa fotonya itu bukan salah satu cara untuk mendapatkan banyak suara dari publik. Komeng hanyan ingin tampil beda dan menghibur. Apalagi menurutnya, foto itu tak mendapat larangan dan ia akhirnya setuju menggunakan foto tersebut.
 
"Kan ada tuh yang waktu awal-awal, kita harus kirim foto biasa. Terus, masuk ke yang tetap, dari DCS ke DCT, minta foto buat administrasi, foto buat surat suara belum. Setelah ditetapkan, baru minta foto buat surat suara," jelas Komeng.
 
"Kalau KPU Jabar, menyarankan pakai baju daerah, boleh juga pakai yang membuat khas diri masing-masing, menurut mereka. Nah, saya bawa foto itu. Nah, dia ketawa. Saya bilang, 'ini gue melanggar nggak nih? Salah nggak', 'nggak sih pak, nggak ada peraturannya kayak begini. Ya sudah, kalau abang begini, nggak masalah', katanya begitu," sambung Komeng tertawa.
 
Meski Komeng menampik itu bagian dari strategi kampanye, nyatanya, komedian dengan jokes khas 'uhuy!' tersebut mampu mendulang suara tinggi pada pencalonan DPD RI. Hingga Sabtu (17/2/2024) pukul 17.00 WIB, perolehan suara sementara yang didapat Komeng sudah mencapai 1.498.773.
 
Ahmad Dhani
 
Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani juga diperkirakan akan lolos ke Senayan dari Dapil Neraka Jawa Timur I Surabaya-Sidoarjo. Dari hasil real count sementara yang telah dilakukan oleh KPU, detikJatim telah menghimpun 10 nama yang berpeluang lolos. Salah satunya adalah pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani atau Dhani Ahmad Prasetyo.


Musisi kondang ini kerap menyatakan wis wayahe seniman dadi pemimpin (sudah waktunya seniman jadi pemimpin) saat kampanye di sejumlah media massa. Dari hasil real count sementara KPU RI, perolehan suara politikus Gerindra ini masuk 3 besar terbanyak.
 
Adapun data real count sementara KPU per tanggal 17 Februari pukul 19.30 WIB, progressnya telah mencapai 47,32%. Di mana suara yang telah masuk berasal dari 6.498 TPS dari 13.733 TPS.
 
Ahmad Dhani memperoleh suara 29.693, berada di posisi tiga paling banyak. Dhani bahkan mengungguli suara Puti Guntur Soekarno, politikus PDIP yang merupakan cucu Bung Karno hingga petahana lainnya.
 
Kukuh Pengamen di Wonogiri
 
Aksi nyeleneh terakhir dilakukan oleh Caleg DPRD Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kukuh Haryanto, yang merupakan pengamen. Dia mendapat perolehan suara tertinggi.
 
Kukuh pun sempat viral saat berkampanye di media sosial, memperkenalkan diri sebagai caleh dari Partai Demokrat dan mengaku sebagai seorang pengamen. Dia pun memperkenalkan diri sebagai caleg saat ngamen.
 
Dia mengaku tak mengelukan atau minimin biaya. Dia mengatakan baliho hingga kaus disediakan partai dan relawan.
 
"Kalau untuk dana kampanye, paling seputar APK, relawan itu sudah ada. Nggak ada, bannaer itu sudah ada dari aprtai, kalau kaos stiker, itu sudah ada dari partai. Saya itu malah nggak ngeluarin, malah justruk kais ada yag bikinen relawan," katanya.

Dia pun tak menyangka mendapat suara tinggi dan bertemu dengan Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono yang juga sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.
 
"Itu diluar ekspetasi karena memang ekspetasi awal saya ya caleg supporting. Supporting itu pelengkap lah. Itu di luar ekspetasi saya bahkan ke pusat, sampai ke Bapak SBY tahu dan saya kenal orang-orang pusat, itu bonus yang luar biasa," katanya.
 
Khusus Kukuh Haryanto dia adalah caleg DPRD Kabupaten Wonogiri, jika lolos dia tidak akan melenggang ke Senayan karena Senayan khusus anggota DPR RI. Namun, Kukuh akan mewakili rakyat di Gedung DPRD Kabupaten Wonogiri.
Sumber : detiknews

Post a Comment

0 Comments