Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pj Gubernur Sumut Hassanudin Serahkan Asuransi Ketenagakerjaan kepada Nelayan

 


MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Sebanyak 6.000 nelayan di Sumatera Utara menerima kartu asuransi (BPJS Ketenagakerjaan) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam acara peluncuran Asuransi Nelayan dan Program Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush) di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (3/6/2024).
 
Penyerahan kartu asuransi nelayan secara simbolis dilakukan oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanudin kepada 10 perwakilan nelayan dan binaan HNSI, disaksikan para pejabat di Sumatera Utara, Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian SE, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara.
 
Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Hasanudin menyampaikan bahwa Sumatera Utara memiliki potensi perikanan tangkap sebesar 1.821.088 ton per tahun dan potensi perikanan budidaya sekitar 138.647,5 hektar.
 
“Jumlah nelayan di Sumatera Utara pada tahun 2024 mencapai 143.250 orang yang mencari nafkah di perairan laut di 17 kabupaten/kota dan di perairan umum di 33 kabupaten/kota,” ujar Hasanudin.
 
“Sampai saat ini, sudah 64.557 atau 45,6 persen nelayan yang diasuransikan. Harapannya tahun depan ditingkatkan bekerja sama dengan BPJS Sumatera Utara,” tambahnya.
 
Program Asuransi Nelayan sendiri telah dimulai sejak tahun 2011 dengan tujuan untuk melindungi nelayan dari risiko kecelakaan kerja dan jiwa.
 
“Profesi nelayan tidak mudah dan terkadang harus menghadapi tantangan besar, termasuk kecelakaan bahkan kehilangan jiwa juga tidak bisa dihindari,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Hamdan Sukri Siregar.
 
Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian SE menyambut baik program ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. Sumatera Utara yang sangat perduli dengan kesejahteraan nelayan.
 
“HNSI selalu siap membantu pemerintah untuk memajukan nelayan, terutama nelayan Sumatera Utara,” tegas Zulfahri Siagian.
 
Selain Asuransi Nelayan, Pemprov. Sumatera Utara juga meluncurkan Program Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush) yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan potensi nelayan Sumatera Utara.
 
Program ini diharapkan dapat membantu nelayan meningkatkan pendapatan dan taraf hidup mereka, serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi maritim di Sumatera Utara.
 
Pemberian asuransi dan peluncuran Program Nembush merupakan langkah positif dari Pemprov. Sumatera Utara untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mendorong pembangunan ekonomi maritim di wilayah tersebut.
 
Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi para nelayan dan membawa kemajuan bagi sektor perikanan di Sumatera Utara. (FS)

Post a Comment

0 Comments