Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tempat Wisata Paling Hits di Simalungun

  Wisata Alam Girsang Paradise. (Foto: Istimewa)


MAJALAHJURNALIS.Com (Simalungun) - Kabupaten Simalungun di Sumatera Utara (Sumut) memiliki banyak sekali spot wisata menarik. 


Selain Danau Toba yang terkenal itu, banyak juga destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan atau liburan bersama keluarga.
 
Simalungun menawarkan wisata alam yang menarik. Banyak pemandian alam yang bisa dikunjungi, tentu dengan sensasi air yang menyegarkan dan alamnya yang masih asri.
 
Tempat-tempat wisata di sana juga menawarkan spot pemandangan yang indah, cocok untuk anak muda yang hobi berfoto dengan alam. Selain itu, ada juga pemandian air panas di sana, loh!
 
Bagi travellers yang hendak berkunjung di sana, berikut rekomendasi tempat wisata di Simalungun untuk Anda.


1. Kawah Putih Tinggi Raja


 



Kawah Putih Tinggi Raja terkenal dengan pesona alam berupa kawah yang berusia ratusan tahun. Wisatawan dapat melihat keindahan kolam air panas bewarna biru kehijauan di tengah 'salju' yang panas.
 
Adapun salju panas ini terbentuk dari batuan kapur berwarna putih yang tampak sekilas seperti hamparan salju di sekitaran kawah. Detikers juga harus hati-hati lantaran suhu air di kawah tersebut mencapai 90°C.
 
Kawah Putih Tinggi Raja ini terletak di Desa Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun.
 
Dari Kota Medan, pengunjung dapat menempuh perjalanan selama 2-3 jam dengan jarak sekitar 90 km.
 
Ada tiga akses untuk dapat sampai di lokasi ini yaitu Medan-Lubuk Pakam-Galang-Banun Purba-Dolok Tinggi Raja, akses kedua dapat melalui Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Tinggi Raja, dan akses ketiga yaitu Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja.
 
2. Pantai Raya Tigaras
 

Pantai Raya Tigaras. (Foto: Istimewa)
 


Pantai Raya Tigaras dapat menjadi pilihan berwisata dengan spot foto Instagramable. Pihak pengelola juga menyediakan booth-booth dengan pemandangan menghadap pantai yang indah.
 
Selain berfoto, pengunjung dapat menikmati aneka fasilitas seperti banana boat, perahu bebek, kanoe hingga permainan air lainnya.
 
Menariknya, saat bersantai di Pantai Raya Tigaras, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Danau Toba tepat di seberang pantai ini.
Pantai Raya Tigaras terletak di Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.
 
Untuk menuju lokasi, wisatawan dapat melalui Berastagi lalu menuju ke Simalungun hingga sampai ke Dolok Sipiso. Dari lokasi tersebut, wisatawan dapat ambil jalur ke arah Simarjarunjung dan kemudian ambil jalur Tigaras.
 
Sementara itu, akses pilihan lain, pengunjung dari Kota Medan dapat mengambil jalan dari Pematang Siantar. Dari situ, wisatawan dapat ambil arah melewati Sidamanik dan menuju langsung ke Tigaras.
 
3. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung. (Foto: Istimewa)

 


Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) merupakan objek wisata tepat buat wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang asyik. Memiliki gugusan pegunungan bukit barisan, pengunjung dapat melihat keindahan alam dari ketinggian hampir 1.106 meter di atas permukaan laut.
Di objek wisata BIS, pengunjung dapat melihat pesona Danau Toba dari berbagai sisi dan juga jajaran hutan Pinus yang indah.
 
Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati spot foto yang difasilitasi oleh BIS, seperti rumah pohon, sepeda gantung, kursi dan meja melayang, maupun pohon cinta.
 
Untuk dapat mengunjungi BIS, wisatawan dari Medan dapat menempuh perjalanan selama 3,5 jam melalui rute Berastagi dengan melanjutkan perjalanan menuju Parapat atau Samosir. Setelah itu menuju Simalungun dan berakhir di Simarjarunjung.
 
4. Wisata Alam Girsang Paradise

Wisata Alam Girsang Paradise. (Foto: Istimewa)



Destinasi wisata di Sumatera Utara kini semakin bertambah dengan hadirnya Ecowisata Harangan Girsang Paradise di Kabupaten Simalungun. Lokasinya tak terlalu jauh dari kota Parapat, paling hanya berjarak 4-5 km.


Terletak di Desa Sipangan Bolon, Ekowisata Harangan Girsang Paradise menawarkan beragam spot wisata alam yang indah, diantaranya ada Taman Wisata Sirikki.


Taman Sirikki menawarkan panorama pemandangan Danau Toba sekitar 1100 m di atas permukaan laut. Tak hanya itu, wisatawan akan dibuat terpukau dengan hamparan hijau persawahan yang mengelilingi bukit Sirikki.
 
Untuk menuju ke atas bukit, wisatawan perlu menempuh waktu 20-30 menit dengan berjalan kaki dengan kondisi agak mendaki. Tentunya, perjalanan seperti ini begitu cocok bagi para pencinta alam.
 
Namun tak perlu khawatir, dengan biaya tiket Rp 10 ribu, perjalanan mendaki tak akan begitu terasa lantaran sepanjang perjalanan, wisatawan akan diperlihatkan pemandangan hijau perbukitan.
 
Sesampai di puncak bukit, rasa lelah para wisatawan akan terbayarkan dengan keindahan alam pohon pinus yang memenuhi bukit Sirikki.
 
Berdasarkan amatan, ada ratusan pohon pinus yang tumbuh di bukit Sirikki yang memberikan kesan eksotis bagi wisatawan yang ingin berfoto di lokasi tersebut.


Di atas bukit, ada fasilitas toilet dan juga warung kecil yang menyajikan aneka menu makanan ringan hingga berat, diantaranya nasi goreng, Indomie goreng, Indomie kuah, dan aneka gorengan mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp1 8 ribu per porsi.
 
 
5. Pemandian Alam Aek Manik
 
Pemandian Alam Aek Manik. (Foto: Istimewa)


Wisata alam Aek Manik tak boleh ketinggalan saat berwisata di Kabupaten Simalungun. Air di kolam Aek Manik ini begitu bening membiru dan sangat segar ketika masuk ke dalamnya.
 
Pada dinding kolam, tampak bebatuan alami diukir yang tak indah. Selain itu, pancuran aliran air dari atas menambah kesegaran bagi siapapun yang berenang di Aek Manik.
 
Lokasi Pemandian Alam Aek Manik ini terletak di kawasan perkebunan PTPN Sidamanik, tepatnya di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.
 
Untuk dapat menuju lokasi, wisatawan asal Medan dapat menempuh jarak sepanjang kurang lebih 150km dengan jarak tempuh 3-4 jam. Namun, apabila pengunjung melalui Siantar dapat menempuh waktu sepanjang 21 km selama 1 jam perjalanan.


Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments