Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mengungkap Adanya Rencana Pembunuhan Ratu Elizabeth II Pada Tahun 1983

 

Jenazah Ratu Elizabeth II Dibawa ke London. ©2022 AFP/Oli SCARFF


MAJALAHJURNALIS.Com - Dokumen terbaru Biro Penyelidikan Federal Amerika Serikat atau FBI mengungkapkan adanya sebuah rencana pembunuhan yang menyasar mendiang Ratu Inggris, Elizabeth II saat berkunjung ke AS pada 1983.
 
Rencana pembunuhan itu terungkap dalam serangkaian arsip terkait kunjungan Ratu Elizabeth ke AS. Dokumen itu mengungkapkan kekhawatiran FBI terhadap ancaman tersebut.
 
Ancaman pembunuhan itu disampaikan kepada seorang anggota polisi di San Fransisco. Menurut arsip tersebut, seorang politi yang kerap berkunjung ke sebuah bar orang Irlandia di San Fransisco memperingatkan badan-badan federal terkait ancaman tersebut dari seorang pria yang dia temui di bar.
 
Pria tersebut mengatakan padanya dia ingin membalas dendam atas kematian putrinya yang terbunuh oleh peluru karet di Irlandia Utara.
 
Ancaman itu diutarakan pada 4 Februari 1983, sebulan menjelang kunjungan Ratu Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip ke California.
 
"Dia akan berusaha melukai Ratu Elizabeth dan akan melakukan ini baik dengan menjatuhkan beberapa benda dari Jembatan Golden Gate ke Royal Yacht Britannia ketika kapal itu berlayar di bawahnya, atau akan berusaha membunuh Ratu Elizabeth ketika dia mengunjungi Yosemite National Park," bunyi dokumen tersebut, dikutip dari BBC, Minggu (28/5/2023).
 
Menanggapi ancaman tersebut, Secret Service berencana "menutup jalan setapak di Jembatan Golden Gate saat kapal pesiar mendekat". Tidak jelas tindakan apa yang diambil di Yosemite, tetapi kunjungan itu tetap berjalan. Tidak ada rincian penangkapan yang dipublikasikan oleh FBI.
 
Dokumen setebal 102 halaman diunggah ke Vault, situs web informasi FBI, pada Senin lalu, menyusul permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi yang diajukan oleh media AS.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments