Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mirip Keramik, perbaikan Jalan Sudirman Medan telah memenuhi standart

 

Lihat Foto Penampakan Jalan Sudirman Kota Medan yang aksesnya telah dibuka Pemkot Medan, Sabtu (16/12/2023) dinihari.(KOMPAS.com/Rahmat Utomo) 


MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Pemkot Medan memastikan bahwa jalan mirip keramik di Persimpangan Jalan Sudirman telah memenuhi standart.
 
Alhasil, akses jalan yang sempat viral karena licin itu akhirnya dibuka Pemkot Medan sejak Sabtu (16/12/2023) pukul 00.00 WIB.
 
Kadis Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan, Topan Ginting mengatakan, hasil uji standar tes ketahanan gesek jalan tersebut telah dilakukan pada Jumat (15/12/2023).
 
Kegiatan ini melibatkan Dinas Perhubungan Kota Medan, akademisi dari USU, gabungan pengusaha konstruksi indonesia (Gapkindo) Sumut, dan Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) Sumut.
 
Topan mengatakan, pengetesan dilakukan dengan metode british pendulum tester oleh ahli yang didatangkan dari Laboratorium Jalan Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara (USU).
 
"Sudah keluar hasilnya semalam, jadi dilakukan pengetesan pada permukaan dalam kondisi kering dan basah."
 
"Nilai rata-rata yang diperoleh berdasarkan pengujian pada permukaan beton nilainya 47,24 bpn, satuannya british pendulum number dan nilai rata-rata pengujian pada permukaan aspal itu nilainya 53,83 bpn," ujar Topan dalam keterangan persnya di Jalan Sudirman, Jumat malam.
 
Topan menegaskan, hasil tersebut telah memenuhi syarat minimal kekesatan yaitu 45 bpn. Dengan hasil itu, bisa direkomendasikan untuk dipasang rambu lalu lintas dan marka jalan.
 
"Jadi terkait hasil tes ini disampaikan ke kawan-kawan (wartawan), bahwa ini sudah sesuai dengan perencanaan di awal yaitu memang kita akan jadikan interseksion, ini akan dijadikan perlambatan dengan kecepatan 15 km per jam," katanya.
 
"Sesuai dengan hasil ini, bahwa dengan nilai rata-rata pada permukaan betonnya ini, dapat dilalui di bawah 40 km per jam kecepatannya," tambahnya.
 
Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis mengatakan, berdasarkan pengujian itu maka akses jalan di Persimpangan Jalan Sudirman kembali dibuka sejak Sabtu (16/12/2023) pukul 00.00 WIB.
 
Dia juga mengatakan, akses Jalan Sudirman yang sempat dialihkan akan dikembalikan seperti semula.
 
"Untuk kelancaran lalu lintas, kita akan kembalikan manajemen lalu lintas seperti sedia kala yaitu Jalan Sudirman, Pattimura, Monginsidi akan kembali satu arah dari timur ke barat, Jalan Patimura akan kembali satu arah dari selatan ke utara," ujar Iswar.
 
"Demikian juga Jalan Sudirman, sampai dengan Simpang Juanda, akan kembali satu arah dari barat ke timur yang akan kita mulai pada tepat pukul 00.00." Iswar menambahkan, guna menyosialisasikan pembukaan jalan yang sempat ditutup, pihaknya bersama Satlantas Polrestabes Medan akan menempatkan sejumlah personilnya di beberapa persimpangan jalan.
 
"(Kami juga) menyiapkan teknisi kami, tentunya akan kami lakukan balik setting traffic light, baik di simpang Patimura ke Monginsidi. Baik Pattimura-Sudirman itu akan kami setting ulang sebagaimana sirkulasi arus lalu lintas," katanya.
Sumber : KOMPAS.com

Post a Comment

0 Comments