Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

4 Pekerja Tewas, Pabrik Pupuk di Karawang Ditutup Sementara

 

Suasana Pabrik pupuk cair di Rengasdengklok Karawang (Foto: Irvan Maulana/detikJabar).


MAJALAHJURNALIS.Com (Karawang) - Bupati Karawang Aep Syaepuloh tutup sementara pabrik pupuk cair yang tewaskan empat orang pekerja di Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.
 
Keputusan tersebut, merupakan langkah untuk mencegah peristiwa serupa kembali terjadi. Aep juga mengaku telah meninjau lokasi dan bertakziah ke keluarga korban.
 
"Iya kemarin saya kesana (pabrik pupuk cair), ke rumah duka juga. Kebetulan rumahnya di sekitar pabrik. Jadi untuk sementara dihentikan dulu operasionalnya," kata Aep saat dihubungi detikJabar, Rabu (3/7/2024).
 
Diketahui sebelumnya, empat orang pekerja pabrik pupuk cair di Karawang, tewas keracunan saat membersihkan toren penampungan pupuk cair.
 
Peristiwa itu, terjadi, pada Selasa (2/7/2024) siang. Saat itu kelima pekerja sedang bertugas membersihkan toren penyimpanan pupuk di pabrik pupuk cair tersebut. Empat di antaranya dinyatakam tewas dengan keluhan sulit bernafas sementara satu pekerja lain masih dalam kondisi kritis.
 
Berdasarkan keterangan pihak berwenang, kata Aep, empat orang pekerja meninggal dunia diduga akibat keracunan setelah menghirup aroma bahan kimia pupuk cair yang masih tersisa di toren tersebut.
 
Empat pekerja yang tewas tersebut, yakni Asep Kohar (51), Marsidi (34), Nana Mulyana (42) dan Husni Saepul (44). Semuanya merupakan warga sekitar lokasi pabrik.
 
"Saya sudah ke lokasi dan berbicara dengan pihak perusahaan itu, dan pihak kepolisian, ini kemungkinan korban tewas keracunan setelah menghirup aroma pupuk cair sisa yang ada di toren," kata dia.
 
Selain itu, berdasarkan perbincangan dengan pihak perusahaan, Aep memutuskan untuk menutup sementara operasional pabrik tersebut.
 
"Kemarin sudah kami putuskan untuk ditutup sementara, supaya kejadian ini tidak terulang, mungkin saya akan meminta pihak dinas untuk memeriksa dokumen perizinannya," pungkasnya.
Sumber : detikjabar

Post a Comment

0 Comments