Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ramaikan Pawai Obor Sambut Ramadhan, Warga Medan Sangat Antusias

 

Pawai obor menyambut Ramadhan di Medan (Nizar Aldi/detikSumut)


MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Ribuan umat Islam melakukan pawai obor di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pawai obor tersebut dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.


Pantauan detikSumut, Sabtu (18/3/2023) pukul 20.55 WIB, terlihat ribuan umat Islam sudah berkumpul di samping Masjid Raya Al-Mashun di Jalan Masjid Raya. Terlihat barisan warga membentang hampir memenuhi panjang jalan tersebut.

Terlihat mobil patwal polisi berada di barisan paling depan untuk membuka jalur bagi rombongan pawai obor. Kemudian terlihat beberapa mobil mulai dari jeep hingga truk yang menjadi mobil komando berada di belakang mobil patwal.

Setelah itu barisan rombongan pawai obor yang berjalan kaki terlihat berada mengikuti mobil komando. Emak-emak berserta anak-anak terlihat berada di barisan paling depan.

Kemudian rombongan laki-laki mulai dari remaja hingga bapak-bapak berada di belakang emak-emak. Di barisan terakhir, terlihat peserta pawai yang mengendarai sepeda motor.

Peserta pawai yang berjalan kaki terlihat memegang obor mulai dari emak-emak hingga anak-anak. Bagi peserta anak-anak, terlihat orang tua memperhatikan mereka yang memegang obor dengan penuh kecerian.

Sejumlah mobil ambulans terlihat tersebar di sejumlah titik barisan pawai obor. Ambulans tersebut terlihat ikut beserta para rombongan melakukan pawai.

Pawai itu sendiri akan berjalan dari lokasi Masjid Raya Al-Mashun memutar hingga ke samping Taman Makam Pahlawan. Dengan rute Masjid Raya Al-Mashun-Jalan halat-Jalan AR Hakim, Jalan HM Joni-Jalan Sisingamangaraja dan kembali lagi ke Masjid Raya Al-Mashun.

Salah satu warga bernama Ade Marlan Harahap mengaku warga Setia Budi, Medan Selayang. Ia sengaja datang bersama tiga anaknya untuk ikut memeriahkan pawai obor dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan ini.

"Saya datang bersama anak-anak, untuk memeriahkan pawai obor ini, apalagi kan bentar lagi kita puasa," kata Ade Marlan Harahap saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/3/2023).

Marlan yang terlihat sudah mulai berumur ini tidak ikut bersama berjalan bersama rombongan pawai yang lain. Ia hanya datang untuk memeriahkan dan meramaikan pawai obor tersebut di lokasi titik kumpul.

"Memang enggak ikut (pawai), mau lihat kemeriahan nya saja bersama anak-anak," tutupnya.

Sejumlah polisi terlihat mengatur lalu lintas di sekitar Jalan Sisingamangaraja yang sempat macet karena ruas Jalan Masjid Raya tidak bisa dilalui. Saat rombongan pawai bergerak, arus lalu lintas di sekitar Masjid Raya Al-Mashun kembali lancar.

Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments