Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bagaimana Cara Buang Air Besar dengan Mudah dan Cepat? Yuk Kita Simak Tips Berikut Ini...

 

Ilustrasi memakan makanan yang berserat. ©medicalnewstoday.com


MAJALAHJURNALIS.Com - Buang air besar secara lancar dan cepat merupakan kondisi ideal yang diinginkan semua orang. Pasalnya, masalah pencernaan merupakan salah satu hal yang kerap menghantui kita sehari-hari.
 
Masalah konstipasi atau buang air besar yang tidak lancar merupakan hal menyebalkan yang dapat terjadi berulang kali. Melancarkan buang air besar merupakan salah satu hal yang bisa mengatasi terjadinya masalah pencernaan ini.
 
Melancarkan buang air besar ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kondisi ideal ini bisa membantu untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul mulai perut kembung serta munculnya rasa tidak nyaman.
 
Untungnya, melancarkan buang air besar ini bisa dilakukan dengan beragam cara alami. Beberapa bahkan hanya membutuhkan perubahan kecil pada tubuh.
 
Sejumlah cara bisa coba kamu lakukan untuk melancarkan buang air besar dengan mudah dan cepat. Dilansir dari Womens Health Mag, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan buang air besar.
 
Penuhi Kebutuhan Serat
 
Melancarkan buang air besar bisa dilakukan dengan konsumsi makanan tertentu. Makanan tinggi serat dengan kandungan air yang juga tinggi seperti wortel, apel, dan alpukat merupakan jenis yang paling baik dikonsumsi.
 
"Ketika dikonsumsi, makanan ini membuat munculnya kandungan osmotik," terang Christine Lee, MD, gastroenterologis dari the Cleveland Clinic.
 
dr. Lee mengungkap bahwa hal ini membuat lebih banyak air masuk ke usus selama pencernaan. Hal ini juga membantu meringankan dan mencegah konstipasi dengan membuat pencernaan berjalan lebih lancar.
 
Konsumsi Suplemen Serat
 
Selain dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, suplemen serat juga bisa dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar. Terdapat berbagai suplemen serat yang mudah dibeli di toko dengan kandungan nutrisi tepat di dalamnya.
 
Pastikan saja untuk tidak mengonsumsi suplemen ini secara berlebihan. Pasalnya, hal ini justru bisa menyebabkan ketergantungan dalam pemakaian.
 
Selain itu pastikan juga untuk perhatikan jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi sebelum dan sesudah suplemen serat tersebut. Hanya mengandalkan suplemen tanpa konsumsi buah dan sayur bisa berdampak buruk.
 
Konsumsi Kopi Panas



Minuman panas baik kopi maupun teh bisa sangat membantu dalam melancarkan buang air besar. Dr. Lee mengungkap bahwa minuman hangat ini bisa membantu pencernaan berjalan lancar.
 
Dibanding teh, dr. Lee mengungkap bahwa kopi bisa lebih membantu mengatasi masalah ini. Kandungan kafein pada kopi bisa membantu usus bergerak lebih cepat.


Hal ini juga bisa membuatnya tetap bermanfaat walau dikonsumsi dalam kondisi dingin. Oleh karena itu, konsumsi kopi bisa menjadi pendorong buang air besar.
 
Sedikit Berolahraga
 
Olahraga bisa membuat kamu menjadi ingin buang air besar. Hal ini menyebabkan mengapa kadang kamu merasa untuk ingin buang air besar ketika berlari atau melakukan olahraga lainnya.
 
"Mendaki, berjalan di tempat tak rata, jogging, dan bersepeda semuanya bisa meningkatkan metabolismemu, hal ini kemudian meningkatkan motilitas organ dalam," terang dr. Lee.
 
Demi kondisi kesehatan pencernaan yang lebih baik, oleh karena itu disarankan untuk tetap berolahraga. Hal ini bisa membantu menghindari munculnya masalah keseahtan terutama pada pencernaan.
 
Memijat Bagian Perineum
 
Bagian perineum atau bagian di antara organ vital dan anus bisa menjadi kunci untuk melancaran buang air besar. Memijat bagian tersebut secara berulang dengan ujung jari bisa memunculkan keinginan untuk buang air besar.
 
Hal ini bisa terjadi karena menurut sebuah penelitian, terhadap titik tekanan di bagian tersebut. Memijat area yang sama juga bisa bermanfaat untuk relaksasi pada wanita yang tengah melahirkan.
 
Walau begitu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan hal ini terlebih karena ketidaktepatan dalam memijat titik ini bisa membahayakan kesehatan di area sensitif tersebut.
 
Gunakan Obat Pencahar
 
Obat pencahar juga bisa membantu dalam melancarkan buang air besar. Hanya saja pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena justru bisa menimbulkan diare.
 
Pada dosis rendah, obat pencahar bisa sangat membantu dan mencegah konstipasi. Oleh karena itu, dengan dosis yang tepat, masalah kesehatan ini bisa diatasi dan buang air besar jadi lebih lancar.
 
Pastikan saja tidak berlebihan dalam menggunakan pencahar ini karena bisa menyebabkan terjadinya ketergantungan.
 
Berjongkok di Toilet
 
Posisi bisa sangat membantu dalam upaya untuk melancarkan buang air besar. Peyton Berookim, MD, direktur dari Gastroenterology Institute of Southern California, Los Angeles menyatakan bahwa posisi ini bisa membuat tinja pada posisi yang rendah dengan cara mengangkat tinggi lutut.
 
Berjongkok mengubah anatomi tubuh dengan merilekskan otot di area tersebut sambil mengangkat sebagian usus sehingga menjadi lebih mudah untuk buang air besar.
 
"Semakin dekat kamu dengan posisi jongok, semakin mudah kamu buang air besar," terang dr. Berookim.
 
Pijatan di Perut
 
Dr. Berookim mengatakan bahwa memberi sedikit tekanan dan pijatan di perut searah jarum jam bisa membantu melancarkan buang air besar. Pijatan di perut disebutnya telah terbukti mampu mengatasi konstipasi.
 
Kamu bisa melakukan pijatan ini dengan cara menekan perut bagian kanan bawah dalam bentuk serupa tapal kuda. Kemudian pindah gerakan tangan ini untuk memijat area rusuk, seluruh perut, serta perut bawah sebelah kiri.
 
Pijatan ini bisa sangat membantu dan cenderung lebih aman dibanding melakukan pijatan di area perineum. Pastikan saja tidak terlalu keras memijat karena bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.
 
Minum Cukup Air
 
"Salah satu penyebab utama konstipasi adalah dehidrasi," terang dr. Berookim.
"Ketika tubuh kurang cairan, hal ini bisa membuat usus besar mengeluarkan banyak air sehingga tinja mengeras," sambungnya.
 
Untuk melancarkan buang air besar, disarankan untuk cukup minum setiap hari. Tak hanya membantu melancarkan buang air besar saja, hal ini juga membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.
 
Sejumlah cara tersebut bisa membantu untuk melancarkan buang air besar. Beragam cara tersebut bisa sangat mudah untuk dilakukan untuk mengatasi masalah pencernaan yang kamu alami. 
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments