Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tudingan Biden Samakan Putin dengan Hamas

 

Presiden AS Joe Biden menyamakan rivalnya, Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan kelompok Hamas Palestina yang sedang berperang dengan Israel. (AFP/MIKHAIL METZEL)

MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyamakan rivalnya, Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan kelompok Hamas Palestina yang sedang berperang dengan Israel.
 
"Hamas dan Presiden Rusia (Vladimir Putin) merupakan ancaman yang berbeda tetapi mereka memiliki kesamaan: mereka berdua ingin sepenuhnya memusnahkan demokrasi di negara tetangga," kata Biden dalam pidatonya di Gedung Putih pada Kamis (19/10/2023).
 
Dalam pidato itu, Biden mengatakan kepemimpinan Amerika yang selama ini mampu menyatukan dunia.
 
"Aliansi Amerika adalah hal yang membuat kita, bangsa Amerika, tetap aman. Nilai-nilai Amerika adalah hal yang membuat kita menjadi mitra yang ingin diajak bekerja oleh negara-negara lain," ujar Biden.
 
"Amerika adalah mercusuar bagi dunia. Tetap begitu," paparnya menambahkan seperti dikutip AFP.
 
Biden mengatakan pihaknya telah mengajukan permintaan kepada Kongres untuk mencairkan uang US$100 miliar untuk mendanai Israel dan Ukraina yang sama-sama tengah berperang.
 
Meski mengutuk keras Hamas, Biden mengatakan dunia tidak boleh menyerah untuk memastikan solusi dua negara sebagai penyelesaian konflik Israel dan Palestina yang sudah berlangsung lebih dari setengah abad.
 
Menurut Biden, Palestina dan Israel sama-sama memiliki hak untuk hidup aman, merdeka, dan bermartabat.
 
"Sesulit apa pun hal ini, kita tidak boleh menyerah pada perdamaian. Kita tidak boleh menyerah pada solusi dua negara," kata Biden seperti dikutip CNN.
 
"Israel dan Palestina sama-sama berhak hidup aman, bermartabat, dan damai."
 
Solusi dua negara merupakan resolusi yang diyakini dan dikung komunitas internasional sebagai jalan terbaik menyelesaikan konflik Israel-Palestina.
 
Solusi dua negara bakal menjadikan Israel dan Palestina dua negara merdeka yang hidup berdampingan dengan Yerusalem timur sebagai ibu kota Palestina.
Sumber : CNN Indonesia

Post a Comment

0 Comments