Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gelar Datuk Sri Utama Paramudya Diraja dari Kesultanan Serdang Diterima Yusuf Siregar Bupati Deli Serdang

 


MAJALAHJURNALIS.Com (Deliserdang) - Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar mendapat gelar kehormatan Datuk Sri Utama Para Mulia Diraja dari Kesultanan Serdang. Pemberian gelar tersebut dilakukan Sultan Serdang, Sri Paduka Tengku Achmad Thala'a Syarifullah Alamsyah kepada Bupati di Convention Hall Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Jumat (22/12/2023).
 
Selain itu, Kesultanan Serdang juga memberikan penghargaan Lencana Mustika Negeri kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar. 
 
Atas pemberian gelar tersebut, Bupati Deli Serdang merasa sangat terhormat dan memberi apresiasi serta terima kasih sebesar-besarnya.
 
"Di dalam gelar adat ini terkandung amanat, tugas dan tanggungjawab untuk menjaga, memajukan warisan adat dan budaya, baik benda maupun tak benda. Gelar kehormatan ini, insyaAllah akan menambah semangat saya untuk mendorong dan memotivasi mewujudkan harapan Kesultanan Serdang, bersama menjaga warisan adat budaya Melayu agar tetap bergerak maju, tetap tegak dan kokoh, seperti Pohon Serdang yang merupakan simbol keteladanan seorang pemimpin," ungkap Bupati di acara yang juga dirangkai dengan pelantikan Pengurus Daerah (PD) Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Deli Serdang itu.
 
Disebutkan Bupati, memang sesungguhnya masyarakat asli Kabupaten Deli Serdang adalah suku Melayu, Karo, dan Batak. Dengan penganugerahan gelar tersebut, menandakan jika Bupati diterima di kalangan masyarakat Melayu dan menjadi bagian dari masyarakat Melayu.
 
"Saya percaya, dalam kemajuan daerah ada tradisi dan budaya yang menjadi sumber energi besar. Banyak yang beranggapan, kemajuan itu mengesampingkan budaya daerah dan meminggirkan adat istiadat. Menurut saya, anggapan itu keliru. Justru kebudayaanlah yang memajukan suatu daerah dengan nilai luhur dan kearifan lokal yang sangat kaya, menjadikan banyak bangsa maju karena budayanya mengakar kuat," jelas Bupati.
 
Untuk itu, Pemkab Deli Serdang terus menaruh harapan penuh agar masyarakat suku Melayu bisa bersinergi dan berkontribusi menjadi pelopor pembangunan, khususnya dalam membangun masyarakat sesuai Program Gerakan Deli Serdang membangun (GDSM). Harapannya, Deli Serdang di masa depan akan menjadi lebih baik.
 
Maka dari itu, Bupati mengajak Kesulatan Serdang, tokoh adat dan budaya serta seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama memajukan budaya. Mengarungi perjalanan zaman yang panjang dengan bermodalkan kapal budaya.
 
"Saya yakin Deli Serdang akan sampai ke tempat tujuan, yaitu kabupaten yang maju dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur asli daerahnya," tegas Bupati.
 
Mengenai pelantikan Pengurus PD MABMI Deli Serdang, Bupati menegaskan tentunya hal itu bukan hanya untuk membentuk pengurus baru. Tapi lebih dari itu, yakni semakin menjaga, memfungsikan dan mengembangkan adat serta budaya Melayu di dalam menjawab setiap situasi dan perkembangan di tengah masyarakat, sesuai dengan visi misi MABMI, menjadikan masyarakat Melayu di seluruh dunia, baik di masa kini maupun masa depan, berdasarkan masa lalunya menjadi umat yang bertakwa, bertamadun dan menjadi rahmatan lil 'alamin berdasarkan bimbingan Allah SWT.
 
"Melalui pelantikan ini, saya yakin akan banyak melahirkan berbagai ide, gagasan dan program kerja yang membesarkan kebudayaan Melayu. Semoga pelantikan ini menjadi momentum kebangkitan budaya Melayu di Sumatera Utara, khususnya di Deli Serdang," harap Bupati.
 
Di tempat yang sama, Sultan Serdang, Sri Paduka Tengku Achmad Thala'a Syarifullah Alamsyah berharap gelar yang diberikan tersebut bisa membawa keberkahan kepada Bupati dan Ketua TP PKK Deli Serdang.
 
"Insya Allah gelar ini membawa berkah kepada Bapak Bupati dan Ibu PKK. Mulai hari ini, Bapak adalah bagian dari kami, bagian dari Kesultanan Serdang dan Bapak memiliki hak untuk turut hadir dalam kerapatan adat Kesultanan Serdang," ujar Sultan Serdang.
 
Sultan Serdang berpesan, putra-putri Melayu di Kabupaten Deli Serdang agar bisa menambah ilmu untuk meningkatkan sumber daya manusia, sehingga mampu bersaing.
 
Untuk PD MABMI Deli Serdang yang dilantik, Sultan Serdang juga berpesan untuk membawa adat Melayu menjadi terdepan serta menjadi rumah bagi semua, sehingga hidup rukun dan damai. "Oleh karena itu, masyarakat Melayu bangkit dengan adat budaya Melayu," ucapnya.
 
Turut hadir pada penganugerahan gelar dan pelantikan PD MABMI Deli Serdang, Sultan Deli XIV, Paduka Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam; Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, H Nusantara Tarigan Silangit SH MH; Danramil 06/LP, Kapten Inf Poniman; Ketua PB MABMI, H Syah Affandin SH; Sekretaris PW MABMI Sumut, H Aja Sahri SAg MSos; Ketua PD MABMI Deli Serdang, OK Ibnu Affan SH MH; para pimpinan dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Deli Serdang, camat dan lainnya. (rel/Sarmidin Sinaga)


Post a Comment

0 Comments