Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Apakah Minum Kopi Bisa Membuat Perut Buncit? Ini Cara Minum Kopi yang Sehat

 

Ilustrasi iStock

MAJALAHJURNALIS.Com - Kopi kerap jadi minuman andalan untuk menghindarkan rasa lelah dan mengantuk. Tetapi, pada sebagian orang kopi dampaknya bisa memicu kesulitan tidur dan dorongan nafsu untuk mengonsumsi makanan manis.
 
Sehingga membuat berat badan bertambah, termasuk di area perut. Risiko peningkatan berat badan bisa lebih besar, jika menambahkan susu dan gula ke dalam kopi.
 
Lantas Apakah Minum Kopi Bisa Membuat Perut Buncit?
 
Ternyata bagi beberapa orang. minum kopi akan membuat berat badan akan mengalami peningkatan, termasuk perut buncit.
 
Dikutip detikHealth dari Healthline, kandungan kafein pada kopi bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari, yang bisa mengganggu kadar hormon di tubuh.
 
Sehingga nantinya kondisi ini bisa meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang diproses, sehingga berat badan termasuk lemak perut akan bertambah.
 
Kopi terutama kopi hitam dalam jumlah yang wajar umumnya aman untuk kesehatan dan tidak berdampak negatif pada berat badan.
 
Namun, dengan menambahkan bahan lainnya seperti gula, susu, atau bahan lainnya bisa meningkatkan asupan kalori dan memicu berat badan naik hingga risiko diabetes.
 
Meski begitu, beberapa penelitian menunjukkan asupan kafein secara teratur bisa meningkatkan pemeliharaan berat badan dan penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, peningkatan asupan kafein dikaitkan dengan penurunan berat badan selama 12 tahun.
 
Namun, peserta yang mengonsumsi kafein paling banyak hanya memiliki bobot sekitar 1 pon (0,4-0,5 kg) lebih ringan dibandingkan mereka yang asupan kafeinnya lebih rendah.
 
Cara Minum Kopi yang Sehat
 
Perlu dipahami cara minum kopi yang tepat, bagi yang ingin tetap minum kopi dan menghindari perut buncit. Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut beberapa cara minum kopi yang sehat untuk mencegah perut buncit, seperti:
 
Membatasi jumlah kopi yang diminum atau tidak lebih dari empat cangkir setiap hari


Minum Kopi Hitam Tanpa Tambahan Kopi
 
Menggunakan jenis pemanis lainnya dalam jumlah lebih sedikit untuk minum kopi
Dianjurkan makan sebelum minum kopi untuk melindungi pencernaan
Menggunakan susu yang tidak mengandung gula pada kopi
Perlunya memperhatikan komposisi bahan pada kopi yang dijual bebas atau buat sendiri untuk mencegah peningkatan berat badan.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments