Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Puluhan Penumpang KMP Dievakuasi, Kapal Kandas di Perairan Bali

 

Ilustrasi. Puluhan Penumpang KMP Agung Samudera Dievakuasi petugas Tim SAR. (Antara Foto/Abriawan)


MAJALAHJURNALIS.Com (Jembrana) - Tim SAR gabungan mengevakuasi penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Agung Samudra XVIII yang kandas di Perairan Selat Bali, Minggu (11/2/2024).


Kapal dengan rute Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, tersebut mengangkut 42 orang penumpang dan 16 orang Anak Buah Kapal (ABK).
 
Koordinator Pos SAR Jembrana Dewa Hendri mengatakan, awalnya kapal lepas sandar sekitar pukul 11.50 WITA. Namun sekitar satu jam berselang KMP Agung Samudra XVIII terseret arus kemudian kandas di sebelah utara Pelabuhan Gilimanuk.
 
"Tepatnya kurang lebih sekitar satu mil dari Pelabuhan Gilimanuk ke arah barat, tepatnya di sebelah utara," kata Hendri.
 
Kemudian, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar atau Basarnas Bali menerima informasi pada pukul 13.55 WITA dari anggota Pos TNI AL Gilimanuk dan segera diberangkatkan lima personil dari Pos SAR Jembrana menuju Gilimanuk untuk pergerakan rubber boat. Selain itu proses evakuasi juga menggunakan dua unit speed boat dan dua unit Rigit Inflatable Boat (RIB).
 
Akhirnya pada pukul 16.45 WITA, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang dengan selamat. Sebanyak 38 orang dibawa menuju ruang tunggu ASDP Gilimanuk, sementara empat penumpang lainnya beserta ABK tetap berada di dalam kapal.
 
"Saat ini kapal masih kandas dan menunggu air pasang, rencananya nanti malam akan ditarik dengan tug boat," ujarnya.
Sumber : CNN Indonesia 

Post a Comment

0 Comments