Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Arkeolog Ceko Berhasil Menyelamatkan Artefak Kapal 4.500 Tahun Sepanjang 18 meter Dekat Makam Mesir Kuno

 

Arkeolog temukan kapal kuno di mesir berusia 4.500 tahun. ©Egyptian Ministry of Antiquities


MAJALAHJURNALIS.Com (Mesir) - Arkeolog Ceko berhasil menyelamatkan artefak kapal sepanjang 18 meter di dekat sebuah makam kuno di Abusir, Kompleks Giza, Mesir.
 
Ahli menduga jika artefak berusia 4500 tahun ini sezaman dengan Piramida Besar ini mungkin milik beberapa bangsawan Kerajaan Lama.
 
Kapal ini dibuat sekitar tahun 2250 SM. Strukturnya ditemukan dalam kondisi terawat.
 
Ahli menduga kapal ini dulunya punya peran penting dalam tradisi penguburan Mesir kuno.
 
Berdasarkan keterangan forum para peneliti di Universitas Charles, penemuan ini menjadi salah satu yang unik dari zaman Mesir kuno.
 
"Luar biasa, pasir gurun telah mengawetkan reng serat tanaman yang menutupi lapisan papan. Beberapa tali yang mengikat perahu juga masih dalam posisi semula dengan segala detailnya utuh, yang merupakan penemuan unik dalam studi perahu Mesir kuno," menurut forum itu.
 
Dalam forum tersebut juga dijelaskan sebagian besar perahu dan kapal Mesir kuno bertahan dalam kondisi buruk atau telah dibongkar menjadi berkeping-keping.
 
Ada Alasan Spiritual
 
Kementerian Purbakala Mesir mengonfirmasi kapal tersebut menjadi tempat peristirahatan terakhir dari seorang pria. Ilmuwan menduga pria ini adalah seorang bangsawan yang tidak memiliki hubungan darah dengan keluarga kerajaan.
 
Ini pertama kalinya arkeolog menemukan kapal dikubur bersama dengan orang mati. Maka dari itu, para sejarawan menganggap alasan spiritual ada di balik penguburan kapal di kompleks makam Giza.
 
Menurut gagasan terdahulu, kapal ini diduga berfungsi sebagai moda transportasi metaforis untuk jenazah di akhirat.
 
Para arkeolog berharap mereka bisa belajar dan menganalisis kapal ini lebih dalam untuk menemukan jawaban terkait pembuatan kapal di zaman Mesir Kuno.
Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

0 Comments