Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Super Pedas Kelezatan Ayam Sambal Petir Khas Langkat

Salah satu warga di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara membuka warung makan ayam dengan ciri khas yang berbeda yakni ayam sambal petir. (Beritasatu.com / Panji Satrio)


MAJALAHJURNALIS.Com (Langkat) - Ide masyarakat di Sumatera Utara membuat menu sajian kuliner baru seakan tidak akan ada habisnya. Seperti salah satu warga di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara membuka warung makan ayam dengan ciri khas yang berbeda yakni ayam sambal petir.
 
Perpaduan antara bumbu rempah-rempah khas Kabupaten Langkat dan batak yang pedasnya bikin pengunjung ketagihan.
 
Tampilan ayam sambal petir, sekilas ayam ini terlihat seperti masakan ayam-ayam biasa seperti yang dijual diwarung-warung lainnya. Yang membedakannya adalah sambal pedasnya perpaduan rempah-rempah khas kabupaten Langkat dengan rempah khas batak yakni andaliman yang dikenal dengan merica batak.
 
Cara membuatnya pun juga tak jauh berbeda, ayam utuh awalnya diungkep menggunakan bumbu rempah seperti kunyit, merica, ketumbar, dan serai agar tekstur daging ayam menjadi lembut. Kemudian ayam dipotong menjadi beberapa bagian lalu dicelupkan adonan tepung roti dan kemudian digoreng.
 
Sementara, untuk membuat sambal pedas petir yakni berbahan cabai merah, hijau, rawit, bawang merah, bawang putih semuanya diuleg menjadi satu dan dicampur dengan rempah khas batak yakni andaliman. Usai digoreng, ayam sambal petir tersebut kemudian sudah dapat disajikan.
 
Meski menu yang disajikan terlihat biasa saja, warung ini selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung.
 
Menurut Irwan, pemilik warung ayam petir mengatakan, dalam sehari dirinya mampu menjual tiga ratus hingga lima ratus porsi ayam petir perhari, setara dengan menghabiskan seratus dua puluh lima kilogram daging ayam.
 
"Awalnya berfikir mencari inovasi citra rasa yang baru. Dalam menjual ayam ini semuanya sama jadi saya berfikir mencari citra rasa yang baru agar menarik minat daya beli masyarakat lalu kita buat perpaduan sambal khas Langkat dengan khas batak andaliman. Kalau hari biasa kita bisa jual 300 porsi kalau weekend bisa sampai 500 porsi perharinya," kata Irwan, saat ditemui Beritasatu.com.
 
Gio, salah satu pengunjung asal Kota Medan mengatakan, dirinya mengetahui kuliner ayam petir merupakan rekomendasi rekannnya yang lebih dahulu sudah berkunjung di warung ayam petir ini. Selain rasa pedas sambalnya yang menggugah pas dimulut, harganya pun tidak terlalu mahal dan yang pastinya tidak menguras kantong.
 
"Rasanya sama kayak ciri khasnya namanya sambal petir pedasnya full dan raya ayamnya enak. Bagi pecinta kuliner pedas cocok makan yang beginian. Harganya pun juga tersangka, " kata Gio.
 
Hal senada juga dikatakan Atik, pengunjung asal Kabupaten Deli Serdang. Dirinya rela datang jauh-jauh dari Kabupaten Deli Serdang bersama keluarga untuk makan ayam sambal petir. Perpaduan rasa khas melayu dan sambal batak yang membuat dirinya ingin datang kembali.
 
"Rasaya mental la, gak sia-sia datang jauh-jauh kesini. Rasa bumbunya yang pas, sambalnya ada andalimannya dan pedasnya pas, kalau untuk makan bersama keluraga rekomendasi la disini. Kalau harganya tidak terlalu mahal, cocok harga sama rasanya," ujar Atik.
 
Untuk satu porsi menu ayam petir pengunjung cukup membayar Rp. 20.000 per porsi. Nah, bagi anda pecinta makanan pedas bisa datang ke warung makan ini yang terletak di kawasan Jalan Sudirman, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara untuk mecicipi.
Sumber : Beritasatu.com

Post a Comment

0 Comments