Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Warga Medan Harapkan Ada Toilet Umum di Seputaran Lapangan Merdeka

 Oleh : Awaluddin Pane




MAJALAHJURNALIS.Com Jika memasuki Minggu Pagi, warga Medan sangat antusias berolahraga disekitar Lapangan Merdeka yang saat ini masih dalam pengrehapan.

Banyak dari kaula tua-muda, Bapak-Ibu maupun anak-anak kecil berjalan  pagi ataupun naik sepeda diseputaran Lapangan Merdeka Medan tepatnya di Jalan Stasiun Kereta Api atau di Jalan A. Yani Medan.
 
Walaupun Lapangan Merdeka belum siap direnovasi, namun masyarakat Medan tetap berolahraga dijalan-jalan tersebut, karena kebiasaan ini sudah membudaya sejak dulu kala.
 
Apalagi dilokasi jalan A. Yani Medan banyak peninggalan bersejarah rumah-rumah tua termasuk gedung PT. Lonsum (London Sumatera) yang menjadi tempat berfoto-foto, Kantor Pos Besar, Kantor BI dan masih ada lainnya lagi.
 
Sebelum direnovasi oleh Walikota Medan Bobby Nasution, lokasi itu tempat penjajal kuliner, tempat jual-beli buku bekas dan para pedagang lainnya banyak yang menjajalkan dagangannya diseputaran Lapangan Merdeka seperti baju dan sepatu maupun dagangan lainnya.

Saat ini masih dalam pemugaran, disela-sela berolahraga pagi, ada seorang Ibu warga Medan yang berolahraga yang berhasil penulis berkomunikasi, mengeluhkan, “Kenapa Pemko Medan tidak menyediakan tempat buang air kecil atau Mobil Toilet yang berjalan itu ya?" tanya ibu itu kepada penulis, Minggu (28/1/2024).


Awaluddin Pane.@MJC


Ibu itu berharap,"Kalau boleh ini menjadi perhatian Bapak Bobby selalu Walikota Medan agar bisa menjadi perhatian dan diwujudkannya sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat".
 
Penulis hanya bisa berkata, coba cari tempat lain aja, Bu!
 
Memang sepele, tapi itulah bukti bahwa fasilitas Lapangan Merdeka juga harus dilengkapi dengan Toilet karena pastilah ada yang mau buang air kecil atau pun buang air besar, agar warga yang sedang beraktivitas berolahraga nyaman.
 
Begitu antusiasnya masyarakat Medan untuk berolahraga di Minggu Pagi untuk menjaga kesehatan ataupun kebugaran tubuh, namun haruslah juga ada fasilitas lainnya seperti tempat WC Umum terkhusus Mobil WC Umum haruslah pula disediakan agar buang hajatnya tak kemana-mana.
 
Penulis sengaja mengangkat topik ini agar Bapak Walikota Medan mendengar dan merespon permintaan masyarakat Kota Medan, sehingga mereka nyaman untuk berolahraga pagi. (Penulis adalah Pengurus DPW PPMI Sumut).

Post a Comment

0 Comments