Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Perayaan MayDay 2024 diisi Diskusi Publik dilaksanakan di Gedung Kantor Gubsu

 

Saat diskusi dalam Peringatan May Day 2024 di Aula Raja Inal Siregar lantai II kantor Gubsu. @RRI.co.id




Ada insiden kecil sebelum acara dimulai saat memasuki ruang rapat aula Raja Inal Siregar di lantai 2, saat mengisi daftar hadir



MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) – Peringatan May Day dilaksanakan di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Dipanegoro Medan, Rabu (1/5/2024) dihadiri 72 Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-Sumatera Utara termasuk DPW PPMI (Dewan Pengurus Wilayah Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia) Sumatera Utara dihadiri Herman Saragih dan Thamrin BA Ketua Umum dan Sekretaris Umum.


Didalam peringatan hari buruh tersebut, digelar Diskusi Publik Peringatan Hari Buruh Internasional MayDay (01 Mei 2024) dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang handal dan pengalaman dari serikat buruh di Kota Medan yang mengupas tentang hal-hal yang terjadi dialami para Pekerja dan Buruh maupun Serikat Pekerja/Serikat Buruh.
 
Dalam kesempatan itu,  Ahmadsyah alias Eben Ketua Panitia MayDay Sumut dalam diskusinya memaparkan tentang permasalahan yang dihadapi Buruh di Sumatera Utara.
 
Harapannya dengan diskusi publik ini diharapkan dapat melahirkan solusi atas permasalahan buruh dan dapat melahirkan suatu komitmen sebagaimana tema kita, mewujudkan kebijakan ketenagakerjaan yang berpihak pada buruh di Sumut,” katanya dikutip dari RRI.co.id.
 
Dia juga menyinggung perlunya dibuka forum dialog seluas-luasnya  terhadap buruh, untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi para pekerja. Termasuk pemberdayaan bagi buruh yang menjadi korban PHK, sehingga buruh tidak resah karena kehilangan pekerjaan. 
 
Menurutnya, puncak peringatan MayDay 2024 di Sumut akan digelar pada 7 - 8 Mei mendatang di GOR Serbaguna, Pancing. Pada puncak peringatan MayDay itu nantinya akan digelar Bursa Lowongan Kerja dan Bazar UMKM. Kegiatan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi buruh, tapi terbuka untuk masyarakat umum.
 

Insiden Kecil dibagian Penerima Tamu Lantai II


Ada insiden kecil sebelum acara dimulai saat memasuki ruang rapat aula Raja Inal Siregar di lantai 2, saat mengisi daftar hadir, Herman Saragih selaku Ketua Umum DPW PPMI Sumut terkejut dan keberatan, bahwa tercantumnya nama inisial AP sebagai Ketua Umum DPW PPMI Sumut.
 
Padahal AP sebenarnya menjabat Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga di Kepengursan DPW PPMI Sumut. Dan ada bahasanya lagi yang diucapkan petugas penerima tamu, bahwa Herman Saragih mewakili AP dalam acara May Day tersebut.
 
“Sejak kapan pula ‘AP’ menjadi Ketua Umum DPW PPMI Sumut? tanya Herman meminta kepada petugas penerima tamu untuk menghapus nama AP dalam daftar tamu itu, Rabu (1/5/2024) digedung rapat Aula Raja Inal Siregar lantai II Kantor Gubsu.
 
“Kami hanya menjalan tugas! Tanyakan sama yang membuat daftar ini, Pak!” ujar mereka kepada Herman Saragih, lalu Herman bertanya lagi, “Siapa yang membuat daftar tamu ini ?”
 
“Tanyakan saja sama Bu Ririn, Pak! Kami tidak tau menahu soal ini,” jawab petugas tersebut.
 
Lalu Herman Saragih bersama Thamrin BA mempertanyakan kepada Ririn Bidasari, SH, M.Hum Kepala Bidang HI (Hubungan Industrial) Disnaker Sumut didampingi rekan kerjanya termasuk Bendahara May Day Sumut 2024 ditemui masih didalam aula gedung rapat seusai acara.  
 
Dijelaskannya, bahwa selama ini AP yang mengaku-ngaku kepada kami dialah Ketua DPW PPMI Sumut, maka namanya kami cantumkan didalam setiap kegiatan di Disnaker Sumut. Ya udah! Jika seperti itu nanti kita perbaiki kedepannya. Kalau begitu tolong antarkan  SK DPW PPMI sama saya, ujar Ririn.
 
Lalu Herman Saragih bersama Sekretarisnya meninggalkan Ririn Kepala Bidang HI Disnaker Sumut.
 
Masih dalam ruang tersebut. Kepada Majalahjurnalis.com Herman memaparkan kekesalannya, “Saya sangat keberatan. Terkesan ini akal-akalan saja. Masak kita bolak-balik menyurati Disnaker Sumut dari tahun 2023 sampai sekarang, Koq Disnaker Sumut tak tau nama Ketua Umum DPW PPMI Sumut. Dan pada saat itu juga sudah kita lampirkan SK kepengurusan DPW PPMI Sumut begitu juga saat kita melaporkan kasus Sugito dari Labura. Kan ada nama saya disitu! Apa mereka tak bisa baca! Koq keterlaluan kali? Edan.
 
Perlu diketahui, sesuai SK No. 022.AP/SK/DPP PPMI/IX/2023 tanggal 4 September 2023 yang dikeluarkan DPP PPMI di Jakarta bahwa Ketua Umum dan Sekretaris Umum DPW PPMI Sumut adalah Herman Saragih dan Thamrin BA dan AP menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga bukan sebagai Ketua Umum DPW PPMI Sumut, ujar Herman Saragih kesal karena menurutnya ini adalah bentuk pelecehan yang terkesan disengaja. (red)

Post a Comment

0 Comments